»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Pengamat: Pasutri Pimpin Jayapura Suatu Kecelakaan Besar

Jayapura - Pasangan suami-isteri (Pasutri) MR Kambu dan istrinya WW Kambuaya yang masing-masing menjabat sebagai wali kota dan Ketua DPRD Kota Jayapura dinilai pengamat politik Mohamad Abud Musaad sebagai suatu `kecelakaan besar.

Musaad yang juga Ketua Pusat Kajian Demokrasi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, menjelaskan, Kamis, hal tersebut memang wajar dan tidak melanggar hukum karena WW Kambuaya yang diusung Partai Golkar berhak menduduki jabatan ketua dewan.

"Namun harus dilihat bahwa sebagai pasutri hal ini tentu secara tidak langsung akan mempengaruhi profesionalisme masing-masing yang bersangkutan," katanya.

Partai Golkar sebagai pemenang pemilu legislatif di Papua, harusnya bisa melihat hal ini dengan lebih dewasa, untuk menunjuk kadernya yang lain sebagai ketua dewan agar tidak menimbulkan persepsi negatif dalam masyarakat.

"Saya pikir masih ada kader partai lainnya yang bisa ditunjuk menduduki jabatan Ketua DPRD Jayapura selain WW Kambuaya," terangnya.

Ke depannya, lanjut Musaad, dirinya mengharapkan agar tidak terjadi lagi kepemimpinan tertinggi di eksekutif dan legislatif yang dijabat oleh pasutri.

"Pada intinya kita tetap mendukung kepemimpinan mereka. Namun, alangkah lebih baik bila hal seperti ini tidak lagi terulang," paparnya.

Sebelumnya, usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua DPRD Jayapura, WW. Kambuaya sebagai ketua terpilih pernah mengatakan, meskipun Wali Kota Jayapura adalah suaminya sendiri, hal itu tidak akan mempengaruhi fungsi kontrol dan pengawasan pihak legislatif.

"Kita tetap bekerja secara profesional," kata Kambuaya saat itu.

Senada dengan isterinya, Wali Kota Jayapura MR Kambu dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, dengan terpilihnya WW Kambuaya sebagai pimpinan legislatif di Jayapura akan menimbulkan sinergi dan kerja sama yang lebih baik dalam membangun Kota Jayapura. [Antara/FINROLL News]

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!