»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Taman Nasional Wasur Terancam Rusak

Timika - Aktivis Sekretariat Komisi Keadilan dan Perdamaian (SKP) Keuskupan Agung Merauke, Frater Wensislaus minta Pemerintah Provinsi Papua mengatasi kerusakan Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke.

"Saat ini kondisi Taman Nasional Wasur sudah berubah fungsi. Habitat rusa dan kanguru yang dulu sangat banyak di tempat itu kini sudah hampir punah akibat perburuhan yang tidak terkendali," kata Wensislaus di Timika, Rabu.

Menurut dia, fungsi Taman Nasional Wasur yang selama ini menjadi surga bagi sejumlah ekosistem telah berubah akibat ulah orang-orang yang tak bertanggung jawab. Mereka itu melakukan penebangan hutan dan perburuan satwa di wilayah itu.

Wensislaus mengatakan, habitat rusa dan kanguru yang ada di areal Taman Nasional Wasur kini menurun drastis, bahkan nyaris punah. Para pemburu saat ini beralih ke perbatasan Merauke-Papua New Guinea yang masih penuh dengan rusa dan kanguru.

"Daging rusa dan kanguru yang saat ini dijual marak di Merauke dibawa dari perbatasan bahkan dari wilayah PNG karena oknum anggota memberikan senjata ke masyarakat untuk menembak rusa dan kanguru yang ada di sana," tutur Wensislaus.

Ia mengatakan, jika tidak ada upaya serius dari Pemerintah Provinsi Papua dalam menyelamatkan keberadaan Taman Nasional Wasur maka aset penting negara itu suatu ketika hanya tinggal sebuah nama.

Taman Nasional Wasur merupakan salah satu dari tiga taman nasional yang ada di wilayah Provinsi Papua. Dua lainnya yaitu Taman Nasional Lorenzt yang terbentang dari pantai selatan hingga pegunungan tengah Papua dan Taman Nasional Memberamo yang terbentang dari pantai utara Papua hingga pegunungan tengah.

Taman Nasional Wasur merupakan perwakilan dari lahan basah yang paling luas di Papua. Sekitar 70 persen dari luas kawasan Taman Nasional Wasur berupa vegetasi savana, lainnya berupa vegetasi hutan rawa, hutan musim, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan rawa sagu.

Jenis satwa yang hidup di tempat tersebut yaitu kanguru pohon, kesturi raja, kasuari gelambir, mambruk, cenderawasih, buaya, walabi dan lainnya.

Sejumlah obyek menarik yang terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Wasur seperti Danau Rawa Biru, Ukra, Maar, Kakania, Dikbob, Rawa Panjang, Pilmul, Yanggandur, Soa dan Onggaya. [Antara/FINROLL News]

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!