»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Arar Sebagai Pemelihara Lingkungan Pada Masyarakat Biak

Pada masyarakat pedesaan Biak, terdapat tradisi arar yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan. Istilah ini berhubungan dengan kebiasaan dimana kebun kelapa dilarang untuk diambil hasilnya oleh orang lain. Arar diatur oleh kepala Dusun sebagai pengatur lembaga tradisional untuk menjamin kepatuhan masyarakat.
Tradisi lain yang yang menguntungkan alam adalah pemanfaatan hutan. Hutan memberikan berbagai manfaat kepada manusia, berfungsi sebagai penyedia kayu, rotan untuk membuat rumah, perahu, dan mengambil kayu bakar. Sebagai contoh, memelihara jenis pohon tertentu yang diperlukan untuk pembuatan rumah dan perahu. Selain itu ada tebang pilih sesuai dengan ukuran maupun jenis kayu, sehingga kayu yang tidak diperlukan tidak ikut ditebang.
Apabila diameter pohon yang diperlukan cukup besar, maka masyarakat akan memelihara pohon tersebut.

Selain arar, ada tradisi yang berkaitan dengan mitos-mitos dan dongeng-dongeng tertentu. Dalam masyarakat Biak, ada pantangan yang berhubungan totemisme pada kelompok tertentu, sehingga mereka pantang memakan hewan tertentu.
Tradisi pemeliharaan lingkungan ini masih berlaku hingga sekarang. Kita sebagai manusia yang mencintai lingkungan, harus mendukung dan menjaga agar lingkungan tetap lestari.
Alam sekitar selalu memberi manfaat kepada kita, tetapi alam dapat memberi hambatan, bahkan bencana apabila kita menyia-nyiakannya. Kemampuan manusia harus dipergunakan untuk memanfaatkan alam sekitar kita dengan sebaik-baiknya serta menjaga ekologinya. Manusia dan lingkungan bagaikan sebuah rantai yang saling berhubungan satu dengan lainnya. (Cenderawasih Pos)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!