»»

...

Masyarakat Biak Diminta Jaga Obyek Sejarah

Biak - Warga masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, Papua diminta menjaga semua objek wisata sejarah peninggalan perang dunia II karena menjadi daya tarik wisatawan kunjungan turis ke daerah ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Biak Drs Andris Kafiar di Biak, Kamis, mengatakan objek wisata sejarah yang menjadi primadona turis mancanegara ke Biak antara lain Goa Jepang, monumen perang dunia II, monumen perang sekutu di Biak Kota, goa lima kamar serta objek sejarah perang dunia di pulau Numfor dan Pulau Owi.

"Objek wisata sejarah perang dunia II yang masih dimiliki Biak harus dirawat dengan baik karena menjadi daya tarik kunjungan turis ke Biak," kata Kadisbudpar Andris Kafiar.
Menyinggung tak terawatnya tugu perang sekutu di kawasan Distrik Biak Kota, menurut Kadisbubpar Kafiar, sebagai kepala dinas hingga saat ini dirinya tak mengetahui kondisinya karena belum mendapat laporan.
"Jika benar kondisi tugu perang sekutu di Distrik Biak Kota tak terpelihara dan rusak saya sangat sesalkan karena ini menyangkut asset pariwisata dan lokasi bersejarah bagi tentara Sekutu saat perang dunia berkecamuk," ujarnya.

Sebagai dinas teknis menangani objek wisata,lanjut Kafiar, pihaknya akan segera melihat kondisi monumen perang sekutu yang berlokasi di Distrik Biak Kota untuk segera dilakukan perbaikan dan perawatan.
"Disbudpar Biak segera melakukan penanganan serius terhadap keberadaan berbagai objek wisata sejarah perang dunia II yang ada di berbagai tempat," ujar Kadisbudpar Kafiar.

Penanganan kedepan,lanjut Kafiar, pihaknya segera membuat rancangan Perda untuk melindungi berbagai objek wisata bersejarah peninggalan perang dunia II supaya tetap terpelihara dengan baik.

Ia mengatakan, berbagai keindahan alam Biak seperti lokasi taman laut Kepulauan Padaido dengan terumbu karangnya, Pantai Wari, Pantai Bosnik, Air terjun Warsa serta beberapa tempat lain juga menjadi lokasi favorit tempat kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. [AntaraNews]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!