»»

...

8 Daerah Ramaikan Festival Seni Kreasi Papua XI

Biak - Sebanyak delapan kontingen yang tediri dari 427 orang pelaku seni, meramaikan Festival Seni Kreasi Papua XI yang digelar di Biak, mulai 13 Oktober hingga 17 Oktober 2010. Dalam festival tersebut akan ditampilkan berbagai lomba seni kreasi budaya dari masing-masing daerah, seperti tari balada cenderawasih, pop singer lagu daerah, drama rakyat/sosio drama dan pameran keragaman budaya daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Drs.Andris Kafiar mengatakan, dalam festival seni kreasi Papua ini, pengunjung tidak hanya sekedar menonton keberagaman budaya Papua, melainkan disuguhkan informasi budaya didalam konteks seni pertunjukan tarian, drama rakyat serta pameran budaya.
“Dengan disajikannya beragam seni budaya Papua, diharapkan masyarakat Indonesia, generasi muda khususnya di Papua dapat lebih menghargai, mencintai dan bangga atas kekayaan budayaanya, khususnya seni kreasi yang menuntut kemampuan inovasi dan kreativitas pelaku seni,” kata Andris Kafiar kepada Bintang Papua, Rabu (13/10).
Koordinator Pameran, Kaleb Waimuri,S.Sos mengatakan, keragaman budaya Papua yang ditunjukan lewat stand pameran di arena festival merupakan kerja sama selain dengan delapan daerah yang menjadi kontingen, juga kerjasama dengan Coremap II, Sangar Seni Manyouri dan CV.Sinar Pagi didaerah itu. “Dengan adanya pameran tentu memberikan informasi keragaman budaya Papua dan khususnya pemahaman mengenai budaya bangsa,” kata Kaleb Waimuri.
Tema festival seni kreasi Papua XI tahun ini yang kembali diselenggarakn di Biak dan dipusatkan di hanggar milik TNI AU, adalah ‘Seni Untuk Hidup’. Kegiatannya telah dibuka oleh wakil gubernur Papua, Alex Hesegem.
Masing-masing kontingen daerah yang ikut meramaikan festival tersebut, Biak Numfor sebagai tuan rumah, kabupaten Kepulauan Yapen, Supiori, Paniai, Asmat, Kotamadya Jayapura, Waropen dan Yahukimo. Pada Festival tahun lalu, keluar sebagai juara umum adalah kabupaten Kepulauan Yapen. [Pin/Binpa]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!