»»

...

Tuntas Penyaluran dana PNPM Mandiri di Biak

Biak - Penyaluran dana bantuan langsung masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Kabupaten Biak Numfor, Papua tahun anggaran 2013 sebesar Rp31,8 miliar sudah tuntas.

Satuan kerja Penanggungjawab Operasional Kegiatan (Satker PJO) PNPM Mandiri Biak, Rafiuddin di Biak, Kamis mengakui, tuntasnya pencairan penyaluran dana PNPM Mandiri 100 persen diterima 19 Distrik diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Untuk besaran dana PNPM Mandiri yang diperoleh setiap distrik bervariasi, ya hingga November penyaluran dana bantuan Pusat sesuai target," ucap Rafiuddin.

Selain dana PNPM Mandiri, menurut Rafiuddin, Pemkab Biak Numfor juga telah menyalurkan dana urusan bersama untuk pendampingan program sebesar Rp3,1 Miliar yang juga dicairkan 100 persen.

Dia mengharapkan, setiap pengelola dana PNPM Mandiri di setiap distrik untuk memanfaatkan penggunaan anggaran sesuai dengan program dan kebutuhan masyarakat setempat.

Pengalokasian dana bantuan langsung masyarakat PNPM Mandiri dan dana urusan bersama Biak tahun 2013, menurut Rafiuddin, bertujuan untuk mengurangi kemiskinan masyarakat di berbagai kampung.

"Bantuan pemerintah dalam program PNPM Mandiri Prospek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan," ujarnya.

Untuk pengawasan dana bantuan PNPM Madiri, menurut Rafiuddin, menjadi tugas semua kelompok masyarakat yang mendapat kucuran anggaran di setiap kampung dan Distrik.

"Pihak BPMK sebagai SKPD teknis pemerintah daerah hanya menjadi fasilitator dan melakukan pembinaan kepada pengelola kegiatan," kata Rafiuddin.

Sedangkan untuk pencairan dana PNPM Mandiri, menurut Rafiuddin, langsung disalurkan ke rekening penerima di 19 distrik.

Berdasarkan data pada tahun 2013 Pemkab Biak Numfor mendapat dana Pusat dari program bantuan langsung masyarakat PNPM Mandiri mencapai Rp31,834 Miliar. (ANTARAnews)

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!