»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Numfor Layak Jadi Satu Kabupaten

BIAK - Aspirasi pemekaran Numfor menjadi salah satu kabupaten tersendiri dinilai layak dan telah memenuhi syarat. Hasil kajian akademik terhadap beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah pemekaran kabupaten oleh tim UGM beberapa waktu lalu menyimpulkan jika Pulau Numfor layak menjadi kabupaten.
"Hasil kajian akademik yang dilakukan oleh tim dari UGM beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Numfor layak jadi kabupaten sendiri," papar Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen, S.Sos, MM saat memaparkan visi dan misinya dalam acara seminar di Gedung Wanita, Kamis (16/7).

Bahkan disebut-sebut bahwa jika dibandingkan dengan Kabupaten Supiori yang telah dimekarkan Tahun 2003 lalu, Numfor lebih layak. Berbagai sarana berupaya insfrastruktur menjadi salah satu faktor yang membuat Numfor sangat layak jadi kabupaten. Sebut saja, pelabuhan laut dan lapangan terbang yang dinilai layak meskipun ukurannya tidak besar.
Selain itu, jalan darat dan infrastruktur lainnya juga sudah sangat mendukung. Dari sisi pemerintahannya, secara keseluruhan di wilayah Numfor ini sudah terdiri dari 5 distrik dan sejumlah faktor pendukung lainnya.
Menurut Bupati, hasil yang telah diserahkan oleh tim UGM ke pemerintah daerah telah ditindaklanjuti dengan menyerahkan materinya ke DPR RI. Hanya saja, pemerintah pusat selama Tahun 2009 ini tidak melakukan pemekaran.
"Materi hasil kajian dari UGM sudah masuk di DPR RI, diharapkan ada tindak lanjut sehingga harapan masyarakat untuk pemekaran Numfor jadi kabupaten sendiri dapat terealisasi,"tandas Bupati Maryen. (Cepos-ito)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!