»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

23 Ha Tanaman Jarak Difokuskan di Biak Timur

BIAK - Pengembangan tanaman jarak di Kabupaten Biak Numfor terus digalakkan. Jika tahun sebelumnya puluhan Ha tanaman jarak telah dibudidayakan, maka 2009 ini pemerintah kembali memprogramkan penanaman 23 Ha tanaman jarak.
Pada tahun ini penanamannya lebih difokuskan bagi masyarakat yang ada di wilayah Distrik Biak Timur.

Penanamannya dilakukan berdasarkan kelompok di masyarakat, pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Perkebuhan Biak Numfor hanya sebatas menfasilitasi sementara yang melakukan penanaman langsung di lapangan adalah masyarakat.

"Program budidaya tanaman jarak tahun ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat di kampung-kampung,"ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Biak Numfor Ir Andareas Lameki, MM kemarin.

Pengembangan budidaya tanaman jarak tersebut tidak hanya dilakukan begitu saja, namun masyarakat juga diajari tentang bagaimana mengelolanya pasca panen. Artinya, masyarakat diajari agar buah jarak yang dihasilkan itu langsung digunakan sebagai bahan bakar bio disel. Minimal bisa dijadikan untuk memasak atau kebutuhan lainnya.
"Masyarakat juga akan didampingi dalam mengelola buah jarak sampai bisa dimanfaatkan dengan baik. Termasuk pemberian wadah untuk memanfaatkan buah jarank itu jadi bahan bakar bio disel,"tandasnya. (Cepos - ito)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!