»»

...

Pemuda Harus Mampu Gali Potensi Kelautan

Jayapura - Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu mengatakan, untuk menjadikan Indonesia sebuah negara yang berwibawa, pemuda harus mampu menggali potensi kelautan untuk dikembangkan di masa datang.
"Banyak kekayaan laut yang belum bisa dikelola secara baik, ini yang harus bisa digali oleh kaum muda," kata Barnabas Suebu, di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan yang maritim, termasuk Papua, mempunyai sumber daya kelautan yang sangat besar, sehingga akan menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan jika dimanfaatkan secara baik dan benar.

"Contoh kecil, bagaimana pemanfaatan sumber daya laut, biota laut, pantai dan terumbu karang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir belum dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya.

Gubernur menambahkan, selain harus mampu mengoptimalkan potensi kelautan, juga diharapkan dapat mensosialisasikan biota laut guna memberikan pencerahan untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai salah satu negara terbesar dengan kekayaan alam dan budaya maritimnya.

"Ini sekaligus dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan serta olahraga bahari, bahkan mempopulerkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata di berbagai negara di dunia," tambahnya.

Manfaat lainnya, lanjut Gubernur, dimana dalam jangka panjang dapat menciptakan suasana kondusif, terutama bagi para investor asing untuk menanamkan modalnya di sektor industri kebaharian.

"Dengan demikian akan tercipta lapangan kerja yang baru," tandasnya.
Gubernur juga mengatakan, sebagai pemuda generasi penerus bangsa di masa depan, harus bisa berpikir positif dan luas, dalam hal berkreasi serta menciptakan lapangan kerja yang baru.

"Terpenting adalah bagaimana menjadi pemuda yang berwawasan kebangsaan serta memiliki pengetahuan yang berkualitas dan cerdas," terangnya. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!