»»

...

RSUD Biak Jadi Rujukan Pasien Lima Kabupaten

Biak - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor, Papua sejak tiga tahun terakhir telah menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien yang berasal dari lima kabupaten di wilayah perairan Teluk Cenderawasih.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinas) Drs Sefnath Korwa di Biak, Minggu mengatakan, kunjungan pasien berobat di RSUD Biak berasal dari lima daerah yaitu Kabupaten Supiori, Yapen Kepulauan, Waropen, Mamberamo Tengah serta Kabupaten Nabire.

"Jika pasien rawat inap membludak maka kapasitas tempat tidur yang dimiliki RSUD Biak mencapai 200 unit itu tidak dapat mencukupi, ya kedepan keberadaan rumah sakit perlu ditingkatkan status yang disusul penambahan prasarana dan sarana kesehatan lainnya" ungkap Kadinkes Sefnath Korwa.

Kepada pemda di lima kabupaten kawasan Teluk, menurut Kadinkes Korwa, diminta membantu mengalokasian dana bagi pelayanan pengobatan pasien di RSUD Biak.
Dengan dukungan dana ini, lanjut Korwa, maka pihak manajemen RSUD Biak dapat menambah obat maupun fasilitas peralatan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien.
"Saya berharap pemda di lima kabupaten wilayah kawasan perairan Teluk Cenderawasih dapat memberikan dana bantuan kesehatan bagi peningkatan pelayanan di RSUD Biak," imbuh Kadinkes Korwa.

Menyinggung peningkatan status RSUD Biak dari type C menjadi B, menurut Kadinkes Korwa, hinggga tahun 2009 masih terus diupayakan pihak Dinkes bersama Pemkab Biak.
Dia mengatakan, upaya peningkatan status ke type B harus memenuhi beberapa persyaratan sehingga kekurangan di RSUD Biak terus dibenahi serta ditingkatkan mutunya.

Salah satu penambahan yang dilakukan RSUD,lanjut Korwa, berupa tenaga dokter spesialis yang telah mencapai delapan dokter ahli serta berbagai peralatan medis lainnya.
"Dinkes dan Pemkab Biak akan memprogramkan peningkatan status RSUD ke type B, ya untuk saat ini mulai dilakukan persiapan setelah Direktur RSUD ini dijabat dr Iras," ujarnya. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!