»»

...

RI Pulangkan Abu Jenazah Tentara Jepang

Suasana Kota Hiroshima, Jepang, setelah dijatuhi bom atom 1945

INDONESIA mengirimkan abu jenazah 291 tentara Jepang yang tewas selama Perang Dunia II, Senin 14 Desember 2009. Para tentara itu meninggal di sebuah pulau kecil di Papua.

Seperti dimuat laman Japan Today, Selasa 15 Desember 2009, seorang pejabat lokal, Masykur mengatakan abu jenazah itu telah diserahkan perwakilan pemerintah Jepang di depan monumen Perang Dunia II di Biak.

Sisa-sisa jenazah para tentara Jepang dikremasi akhir pekan lalu dalam sebuah acara yang dihadiri perwakilan Jepang dan Indonesia, serta para keluarga tentara.

Biak memiliki banyak gua, yang ditinggali sekitar 10.000 tentara Jepang selama perang. Separuh dari tentara itu tewas dalam pemboman oleh pasukan sekutu.

Sebanyak 291 jenazah tentara Jepang dikremasi di Goa Jepang, Kampung Sumberker, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sabtu. Sebelumnya, dilakukan ritual ibadah.

Program pengembalian tulang-belulang eks tentara Jepang korban Perang Dunia II yang tercecer di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Papua itu, adalah hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang.

Pengembalian kerangka eks tentara korban perang saat melawan tentara sekutu pimpinan AS itu, dilakukan sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan Pemerintah Jepang dalam menghargai jasa pahlawannya.

Untuk membantu identifikasi 291 kerangka jenazah yang dikremasi itu, Pemerintah Indonesia melibatkan tiga dokter forensik dari RS Ciptomangkusumo. [Elin Yunita Kristanti/VIVAnews]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!