»»

...

Sepuluh Distrik Biak Dapat PNPM Mandiri RP3 M

Biak - Pemerintah pusat dalam tahun 2009 mengalokasikan dana Rp3 miliar untuk mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tersebar di 10 distrik Kabupaten Biak Numfor, Papua.

"Dari 10 distrik penerima dana PNPM Mandiri masing-masing kecamatan mendapat Rp300 juta, ya anggaran ini diberikan untuk mendukung pelaksanaan program penanganan kemiskinan melalui PNPM-Mandiri-Respek," kata Koordinator Pendamping PNPM-Mandiri-Respek Biak Andre Tanati di Biak, Senin.

Ia mengatakan, dana bantuan Program PNPM Mandiri akan diberikan setiap kecamatan kepada kampung dan kelurahan di Kabupaten Biak Numfor yang dinilai berhasil menangani program Respek (Rencana Strategis Pembangunan Kampung) program pemerintah provinsi Papua.

PNPM Mandiri, menurut Andre Tanati bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja masyarakat miskin di pedesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.

"Saya mengharapkan para pelaku pengelola kegiatan PNPM Mandiri betul-betul menguasai tugas sesuai petunjuk serta harus bekerja dengan jujur agar tujuan pemerintah lewat program ini dapat tercapai sasarannya," ujarnya.

Pelaksana kegiatan PNPM Mandiri, lanjut Andrea, dimulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten yang berperan dalam proses sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan dan pengwasan.

Selain itu, kata Andre Tanati, kegiatan PNPM Mandiri juga berfungsi untuk membina para kader desa atau pelaku PNPM Mandiri pada setiap desa dan 10 distrik yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

"Program PNPM Mandiri-Respek harus berkolaborasi sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Biak Numfor," ungkap Koordinator Pendamping PNPM-Respek Kabupaten Biak Andre Tanati.

Sementara itu, Kepala Distrik Samofa Mahasunu S.IP mengakui, dana bantuan PNPM Mandiri untuk distrik Samofa telah dialokasikan untuk enam kampung dan kelurahan di wilayahnya yang dinilai berhasil mengelola program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) tahun 2009. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!