»»

...

DPRD Biak Realisasikan Anggaran Pendidikan 30 Persen

Biak - DPRD Kabupaten Biak Numfor,Papua dalam tahun anggaran 2010 merealisasikan alokasi anggaran bidang pendidikan di atas ketentuan nasional mencapai 30 persen dari total APBD Biak sebesar Rp122 M.

Ketua DPRD Biak Nehemia Wospakrik SE di Biak, Kamis mengakui, pengalokasian anggaran pendidikan hingga 30 persen untuk mendukung program penuntasan wajib belajar sembilan tahun serta meningkatkan mutu pendidikan dan memperbaiki kesejahteraan guru.

"Secara riil alokasi dana pendidikan pada tahun 2010 mendukui urutan terbesar dibanding bidang lainnya, karena itu DPRD minta afektasi anggaran yang ditetapkan pada keputusan sidang dewan menjadi perhatian untuk dilaksanakan," ungkap Nehemia Wospakrik.

Ia mengatakan, selain bidang pendidikan DPRD juga pada tahun 2010 merealiasikan dana bidang kesehatan di atas 15 persen dari total dana APBD mencapai sekitar 40 Miliaran.

Kepada satuan perangkat kerja daerah yang akan mengelola dana pendidikan dan kesehatan, menurut Nehemia, diminta menjabarkan berbagai program sesuai dengan kebijakan umum anggaran dan platform prioritas anggaran sementara (PPAS) yang telah disepakati antara Pemkab dengan DPRD.

Pihak DPRD, lanjut Nehemia, akan meningkatkan fungsi pengawasan terhadap berbagai pelaksanaan program yang telah ditetapkan dalam sidang APBD tahun 2010 yang telah berakhir Rabu 13 Januari.

"Pergunakan anggaran pemerintah untuk melayani kebutuhan masyarakat serta memberikan pelayanan dengan baik kepada warga masyarakar," ujar Ketua DPRD Nehemia Wospakrik.

Berdasarkan keputusan DPRD No 1 tahun 2010 besaran APBD Biak sebanyak Rp531 M lebih sementara penerimaan pendapatan daerah sebesar Rp521 M lebih sehingga pada tahun ini Pemkab Biak mengalami deefisit anggaran sebesar Rp10 Miliar. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!