»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

LSM: Papua Lokasi Favorit Pelaku Pembalakan Liar

Wasior - Tumpukan kayu gelondongan dihamparan yang sangat luas siap dikapalkan dari bumi Papua menuju sejumlah negara tetangga.
Berdasarkan hasil investigasi LSM Telapak, belum lama ini, mayoritas kayu ini didapatkan secara ilegal di sebagian besar kawasan hutan lindung.

Meski pemerintah sudah lama melarang penebangan kayu dan menjamin tidak ada lagi pembalakan secara ilegal di Papua, kenyataan berbicara lain. Bahkan sejak 2005 terjadi peningkatan aksi pembalakan. Meski sempat mengalami penurunan karena adanya operasi besar-besaran serta tekanan dari pihak luar, tidak ada kata berhenti bagi pemilik modal dalam menggerus kawasan konservasi hutan di Papua.
Pernyataan senada juga dikemukakan aktivis Green Peace yang juga punya tim investigasi tentang pembalakan liar di bumi Papua. Meski demkikian pemerintah tetap tidak yakin dengan pembalakan liar yang mengakibatkan terjadi banjir bandang di Wasior dan telah menelan seratus lebih korban jiwa.
Bencana Wasior bagai sebuah kelalaian yang telah dilakukan pemerintah dan dibayar mahal oleh warga Wasior. Jika pemerintah masih tetap lalai banjir bandang dikhawatirkan akan kembali terjadi. Apakah rakyat lagi yang harus membayarnya?. [Ian/liputan6]

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!