»»

...

Pemrov Papua Tunggu Perintah Mendagri

Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua belum dapat melaksanakan pelantikan Bupati Bovendigul Yusak Yaluwo karena hingga saat ini belum ada izin yang dikeluarkan oleh Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

"Gubernur Papua Barnabas Suebu telah melayangkan surat kepada Mendagri Gamawan Fauzi terkait pelantikan Bupati-Wakil Bupati Bovendigul periode 2010-2015 Yusak Yaluwo dan Yesaya Merasi. Namun, Mendagri tidak bisa memberikan izin pelantikan karena permohonan lanjutan yang diajukan Depdagri perihal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bovendigul ditolak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Constan Karma kepada wartawan, Sabtu (8/1).

Ia mengatakan, penolakan izin pelantikan terhadap Yusak Yaluwo disebabkan kasus dugaan korupsi terkait penyalahgunaan dana otonomi khusus (otsus) dan pengadaan barang yang merugikan negara mencapai Rp66 miliar lebih telah divonis oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dengan hukuman 4,5 tahun penjara.

"Upaya banding masih ditempuh oleh kuasa hukum Yusak Yaluwo, sehingga Pemprov Papua masih menunda pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Bovendigul sambil menunggu keputusan hukum tetap," ujarnya. [Martin Bagya Kertiyasa/ade/ MI.com]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!