»»

...

Hutan Lestari Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Biak - Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, mengharapkan aparatur rimbawan harus bekerja keras dan pantang menyerah untuk mensukseskan visi Kementerian Kehutanan 2009-2014, yaitu "Hutan Lestari Untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan".

"Enam kebijakan prioritas sektor kehutanan, yakni pemantapan kawasan hutan, rehabilitasi hutan dan peningkatan daya dukung daerah aliran sungai, pengamanan hutan dan pengendalian kebakaran hutan, konservasi keanekaragaman hayati, revitalisasi pemanfaatan hutan dan industri hehutanan serta pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan," kata Menhut Zulkifli Hasan dalam sambutan peringatan Hari Bakti Rimbawan 2011 di Biak.

Menhut Zulkifli mengajak seluruh aparat instansi kehutanan, baik di tingkat pusat maupun di daerah wajib melaksanakan 6 (enam) Kebijakan Prioritas bidang kehutanan dalam Program Pembangunan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu II.

Ke depan, pembangunan kehutanan lebih mengutamakan perhatian pada kawasan konservasi, serta kesejahteraan bagi masyarakat yang berada di dalam dan sekitar hutan, meskipun tetap selaras dengan kebutuhan negara dalam mencapai pertumbuhan ekonomi.

Dalam rangka menjaga kelestarian hutan serta mensejahterakan masyarakat, kebijakan yang menyentuh kehidupan masyarakat di dalam dan di sekitar hutan, yaitu Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Desa (HD), dan Hutan Rakyat Kemitraan terus ditingkatkan, baik luasan maupun pemerataannya, sehingga masyarakat di dalam dan di sekitar hutan merasakan manfaat pengelolaan hutan secara nyata, terutama dalam meningkatkan ekonominya.

Sementara itu, program penghijauan dan penanaman kembali hutan dan lahan kritis (RHL), akan ditingkatkan luasannya. Dalam konteks global, upaya RHL merupakan komitmen Pemerintah untuk mengurangi emisi dari degradasi dan deforestasi hutan untuk mengatasi perubahan iklim.
Oleh karena itu, Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon dan program Kebun Bibit Rakyat harus menjadi program yang utama. Saya sangat berharap agar kedua program ini dapat terlaksana dengan baik.
"Saya harapkan program ini tetap jalan namun perlu dilakukan evaluasi secara meyeluruh terhadap pelaksanaan di lapangan, baik keberhasilan tanaman, maupun kegiatan pendukungnya," harap Menhut Zulkifli Hasan dalam sambutan dibacakan Sekda Jhonais Than, Rabu.

Dia berharap, pembangunan kehutanan harus maju terus dan kelestarian hutan beserta keanekaragaman hayati yang berada di dalamnya harus tetap terjaga.
"Inilah yang menjadi obsesi rimbawan Indonesia serta meningkatkan jiwa korsa serta sinergitas, persatuan, dan kebersamaan rimbawan," ungkap Menhut Zulkifli. [Antara]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!