»»

...

PLN Akan Bangun Dua Unit PLTU di Biak

Biak - PT PLN (Persero) cabang Biak, Papua, telah menargetkan pada 2012 akan memiliki dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 7 mega watt atau 2 x 7000 kilo watt.

Hal itu merupakan upaya peningkatan pelayanan yang sekaligus memenuhi ketersediaan kebutuhan energi listrik didaerah ini. Lokasi pembangunannya direncanakan berada di kampung Sorido, distrik Biak Kota.
“Dengan adanya dua unit PLTU dengan kapasitas 2 x 7000 kilo wat atau masing-masing unit berkapasitas 7 mega watt, akan mampu memenuhi ketersediaan listrik khususnya di Biak,” kata Manager PT PLN setempat, Natan,ST kepada Bintang Papua, Rabu (13/4).

Untuk kesiapan pembangunan, kata Natan, dananya telah dialokasikan dari pusat. Dan saat ini masih dalam tahap upaya pembebasan lahan. Dan dengan selesainya pembangunan dua PLTU, tentu akan menjawab ketersediaan listrik di Biak agar terus mencukupi. Dia berharap, proses pembebasan lahan bagi pembangunan PLTU segera selesai, sehingga pihaknya dapat mempercepat rencana pelaksanaan pembuatan bangunan fisik hingga pada saat pengoperasiannya sesuai target 2012. “Kita sudah survey lokasinya, dan jika pembebasan lahan telah selesai, kami sudah siap untuk membangun dan ditargetkan 2011 sudah selesai,” ujarnya.

Sedangkan sebagai bahan baku penyuplai pengoperasian PLTU, kata Natan sesuai hasil penelitian akan menggunakan air laut setempat. Sebab potensi dan ketersediaan air laut di Biak cukup banyak, sehingga akan menjadi bahan baku untuk mendukung pengoperasian PLTU.

Sementara kata dia, sambil menunggu pembangunan dua unit PLTU itu, pihaknya juga telah mengupayakan penambahan daya listrik diwilayah kerjanya sebesar 3 mega watt, dengan menggunakan mesin sewa PLTD. [pin/aj/eric-BinPa]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!