»»

...

Bupati Maryen : Sudah Saatnya Wilayah Teluk Cenderawasih Jadi Provinsi Sendiri

Biak - Usulan pemekaran provinsi dan kabupaten di wilayah Papua terus mengemuka sebagai salah satu aspirasi dari berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya yang kali ini mengemuka di sebagian besar masyarakat di wilayah kabupaten-kabupaten Teluk Cenderawasih adalah perlunya ada sebuah Provinsi Teluk Cenderawasih.

Bahkan salah satu penggasnya, Bupati Yusuf Melianus Maryen, S.Sos, MM mengungkapkan bahwa kalau ditinjau dari berbagai sektor wilayah Teluk Cenderawasih sudah memenuhi syarat sebagai provinsi sendiri. Terkait dengan itu, maka pihaknya berupaya membangun komunikasi politik terhadap berbagai pihak, termasuk ke Jakarta untuk keinginan masyarakat tersebut.

“Kalau ditinjau dari berbagai sisi sudah cukup layak wilayah Teluk Cenderawasih jadi provinsi tersendiri. Saya tidak berbicara soal kepentingan sendiri-sendiri, tapi kalau wilayah lain mengatakan wilayahnya layak jadi provinsi lantas kenapa wilayah Teluk Cenderawasih tidak?. Jadi kami tentunya akan mulai membangun komunikasi politik terhadap hal ini,” ujarnya menjawab pertanyaan Cenderawasih Pos saat ditanya soal gagasannya yang salama ini ingin berjuang untuk Provinsi Teluk Cenderawasih.

Dikatakan, bahwa kalau wilayah Papua Selatan dan Papua Barat Daya di wilayah Provinsi Papua Barat terus diperjuangkan provinsi sendiri, maka usulun pembentukan Provinsi Teluk Cenderawasih juuga akan menjadi agenda untuk diperjuangkan supaya segera mendapat respon dari Pemerintah Pusat dan politisi di Jakarta.

Terkait dengan itu, Maryen mengajak semua komponen masyarakat di wilayah Teluk Cenderawasih termasuk kalangan politisi untuk bersama-sama mendorong perjuangan menjadikan wilayah tersebut jadi provinsi sendiri yang mandiri dan lebih baik lagi kedepan. “Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama memperjuangkan Provinsi Teluk Cenderawasih agar segera terwujud,” tandasnya.

Di wilayah Teluk Cenderawasih saat ini sudah ada beberapa kabupaten devenitif, diantaranya Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire. Selain itu, yang saat ini sudah menjadi perjuangan politik ke pemerintah pusat untuk jadi kabupaten adalah usulan Kabupaten Numfor, Pemerintah Kota Biak, Biak Napa Swandiwe. [ito-Cepos.com]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!