»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Warga Pulau Pai akan Kembangkan VCO

Biak - Warga masyarakat kampung yang berdomisili di pulau Pai, distrik Padaido, Biak Numfor, dalam bulan ini akan mendapatkan pelatihan peningkatan mutu minyak kelapa khususnya kegunaan virgin coconut oil (VCO).

Pelatihan dimaksud agar warga kampung dapat memanfaatkan potensi pulau yang kaya akan tanaman kepala, serta meningkatkan ekonomi masyarakat kampung.
“Pasar sudah tersedia dan produk VCO ini sangat positif, untuk itu sangat baik jika dikembangkan di daerah yang banyak ditanami kelapa, salah satunya di pulau Pai,” kata Kasie Pembinaan dan Pengembangan Perindustrian Disperindag Biak Numfor, Kaddas Arief,SE,MAP kepada Bintang Papua, Selasa (10/5).
Menurutnya, manfaat dan kasiat dari VCO sangat besar, sehingga bila dikembangkan di wilayah Biak Numfor yang memiliki banyak tanaman kelapa, tentu dapat memberikan perubahan ekonomi masyarakat.
Pelatihan yang akan diberikan pada warga Pai, tentunya menggunakan dana Otsus 2011. Ia berharap, kedepan pelatihan VCO dapat dikembangkan hingga ke semua kampung. [pin/aj/erick-BinPa]

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!