»»

Hasil Perhitungan Suara Pilkada Biak Numfor Putaran Kedua : »» No urut 1: Yesaya Sombuk-Thomas Ondy [31.112 suara] ««»» No urut 2: Yotam Wakum-Mahanusu [24.779 suara] ««o»» [ Suara Sah: 55.891 || Update: 11/12, 15:25wit || KPU Biak Numfor ]

Ribuan Siswa Ramaikan Karnaval HUT RI

Biak - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Biak Numfor, diramaikan dengan karnaval jalan keliling kota oleh ribuan anak-anak sekolah di daerah tersebut. Tidak kurang dari 100 lembaga pendidikan SD dan SLTP mengikuti kegiatan tersebut.

Dari pantauan, iringan karnaval dimulai dari jalan Yos Darso Mandala, memasuki pusat kota jalan Imam Bonjol dan berakhir di jalan Sisingamangaraja – Gelanggang Remaja. Satu per satu kelompok karnaval berjalan sesuai formasi yang ditampilkan masing-masing sekolah.

Dalam karnaval itu, peserta mengenakan berbagai busana dan atribut, serta mengusung beragam tema. Ada yang mengusung tema sejarah seperti dengan pakaian ala daerah dengan menampilkan keanekaragaman budaya suku bangsa Indonesia. Juga toleransi umat beragama yang sangat baik terjalin di negeri ini.

Ada pula yang mengangkat tema pertanian, peternakan, kelautan, hingga tema yang sedang aktual, yakni memerangi teroris dan korupsi. Di salah satu barisan terdapat kelompok anak-anak yang membentangkan spanduk berisi kecaman terhadap aksi teroris, korupsi dan HIV AIDS.

Kebanyakan replika yang dibawa anak-anak mencerminkan potensi di wilayahnya. Seperti beberapa SD ada yang membawa sejumlah replika ikan dari kerang, udang, hingga kepiting. Begitu juga hasil pertanian, mulai dari sayur mayur hingga buah-buahan.

Para siswa ini berjalan dengan gayanya sendiri. Polah tingkah yang masih lugu terkadang membuat geli masyarakat yang menonton mereka. Seperti ketika seorang anak terpaksa keluar dari kelompoknya, karena melihat orangtuanya sedang membawa minuman. Kegiatan yang diselenggarakan panitia HUT RI ke-66 ditingkat kabupaten ini, juga diramaikan oleh drum band yang diikuti beberapa sekolah.

Ketua panitia penyelenggara, Markus Mansnembra,SH,MM mengatakan, kegiatan tahunan yang bertepatan dengan HUT RI dimaksudkan untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Di samping untuk menggugah kesadaran orang tua mengenai arti penting masa keemasan bagi anak-anak terutama dalam menanamkan nilai-nilai kemerdekaan.
Menurutnya, pada usia belia mereka membutuhkan kebebasan yang terarah. Bimbingan diperlukan agar masa depan mereka cerah dan tidak salah jalan dalam mengisi kemerdekaan ini. “Kalau melihat penampilan anak-anak, rasanya tercermin kebahagiaan masa depan. Mereka begitu ceria dan dengan wajah yang cerah siap mengisi kemerdekaan ini,” katanya kepada Bintang Papua, Rabu (10/8). [pin/aj/lo2-BinPa]

Berikan Nilai:

0 komentar: