»»

...

Kepala Kampung Diharapkan Miliki Kompetensi

Biak - Kinerja yang baik para kepala kampung tentunya merupakan salah satu kunci suksesnya program pemerintah di tingkat pemerintahan yang paling bawah. Kepala kampung dinilai memiliki peranan yang sangat strategis dalam menindaklanjuti sejumlah program pemerintah mulai dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Karenanya, para kepala kampung ini diharapkan memiliki kemampuan dan kompetensi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Kepala Bagian Pemerintah Kampung Setda Kabupaten Biak Numfor Drs I Putu Wiadnyana, MM mengatakan, bahwa pemahaman tentang tugas dan fungsinya bagi setiap kepala kampung merupakan suatu keharusan yang harus dimengerti. Hal ini sangat penting karena setiap kepala kampung merupakan perpanjangan tangan pemerintahan yang ada diatasnya dalam merealisasikan sejumlah kebijakan dan program pembangunan.

“Program yang dibuat di kepala kampung memang harus bersinergi dengan program dari tingkat atas, ya ini sangat penting karena kepala kampung merupakan perpanjangan tangan pemerintahan yang diatasnya. Oleh karena itu, memang disini persoalan SDM perlu ditingkatkan kualitasnya, ya minimal melalui pelatihan atau betuk kegiatan lainnya,” pungkasnya.

Dikatakan, sejauh ini dari kurang lebih 200 kampung di Kabupaten Biak Numfor sebagian besarnya sudah ada yang menjalankan kinerjanya dengan baik, namun ada juga yang masih dinilai perlu ditingkatkan. Hal itu disebabkan karena berbagai faktor di lapangan, termasuk dari sisi kualitas SDM itu sendiri, terkait dengan itu pula maka koordinasi dengan sejumlah pihak khususnya masyarakat di kampung itu sendiri tentu saja diharapkan menjadi perhatian serius dari setiap kepala kampung. [ito/nan-Cepos]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!