»»

...

Pengembangan Rumput Laut Sangat Menjanjikan

Biak - Potensi pengembangan rumput laut di wilayah kepulauan dan pesisir pantai Kabupaten Biak Numfor masih sangat menjanjikan. Secara berkesinambungan program pengembangan rumput laut menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor hampir setiap tahunnya. Hanya saja, dalam pengembangannya tentu masih perlu dioptimalkan supaya memberikan hasil yang memuaskan pula.

Kepala DKP Kabupaten Biak Numfor Aburisman Tahir, S.Pi mengatakan, bahwa pengembangan rumput laut secara terprogram menjadi salah satu perhatian pihaknya. Dimana program pengembangannya dilakukan di wilayah kepulauan Padaedo dan sekitarnya, wilayah Numfor dan sejumlah wilayah pesisir pantai Biak Numfor.

“Secara terprogram dan bahkan berkesinambungan khusus untuk pengembangan rumput laut sudah dilakukan, hanya saja memang jumlahnya belum terlalu besar sehingga hasilnya juga belum optimal,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos.
Menurutnya bahwa kalau dilihat dari sisi potensinya, Kabupaten Biak Numfor jika dibandingkan dengan sejumlah kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Papua boleh dikatakan paling memiliki potensi untuk itu. Terkait dengan itu, lanjutnya, maka potensi itu kedepannya akan menjadi perhatian serius supaya dikembangkan dan dapat memberikan hasil maksimal bagi pembangunan di daerah, khususnya lagi bagi masyarakat di wilayah kepulauan atau pesisir pantai.

“Kedepan memang perlu ada suatu terobosan besar dalam pengembangan rumput laut, sebab kalau dilihat dari sisi pasar sebenarnya tidak terlalu sudah karena bisa dijemput langsung di lokasi penanaman. Hanya saja sekali lagi saya katakan bahwa jumlahnya perlu ditingkatkan, demikian halnya soal sumber daya manusia khususnya di masyarakat perlu menjadi perhatian serius,” tandasnya.

Dia menambahkan dalam program tahun2011 ini pihaknya juga akan mengembangkan rumput laut itu di wilayah Kepulauan Padaedo dan sejumlah wilayah lainnya yang dinilai potensial. “Kami menghimbau masyarakat, khususnya yang terlibat dalam pengembangan rumput laut supaya menjaga dan memelihara rumput laut itu sehingga bisa memberikan hasil memuaskan,” imbuh Aburizman. [ito/nan-Cepos]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!