»»

...

11 Ribu DPT Bermasalah Diverifikasi KPU Biak

Biak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan verifikasi terhadap 11 ribu data pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 yang invalid akibat tidak ada nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga.

Ketua KPU Biak Diana D. Simbiak di Biak, Selasa, menjelaskan, verifikasi DPT bermasalah warga Biak akan melibatkan Dinas Kependudukan Catatan Sipil, panitia pemungutan suara kampung/desa dan kelurahan yang diharapkan tuntas hingga 2 Desember 2013.

"Untuk pemberian NIK dan NKK bagi pemilih yang telah terdata merupakan kewenangan Pemerintah melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil," ujar Diana Simbiak.

Pihak KPU bersama petugas lapangan panitia pemungutan suara, menurut Diana, akan mendatangi tempat tinggal penduduk yang masuk DPT Pemilu 2014.

"Ya jika dalam verifikasi lapangan penduduk masuk DPT tetapi tak punya NIK dan NKK namun ada orangnya maka diberikan nomor kependudukan," ungkapnya.

Namun setelah verifikasi data pemilih tetap lapangan jika warganya telah pindah atau tidak di tempat maka dibuatkan berita acara verifikasi bersama untuk dihapus.

Diana Simbiak mengharapkan waktu verifikasi lapangan DPT bermasalah diharapkan tuntas tepat waktu sehingga dapat memperlancar tahapan proses pemilihan legislatif 9 April 2014.

"KPU berharap warga bisa mendukung kegiatan verifikasi lapangan DPT invalid yang sedang dilakukan petugas penyelenggara Pemilu tingkat kampung, distrik dan kabupaten," katanya.

Berdasarkan data sistem informasi data pemilih (Sidalih) sebanyak 93.825 warga Biak masuk data tetap pemilih Pemilu legislatif 2014. (ANTARAnews)

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!