»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Hutan Papua Kaya Beragam Serangga

Jayapura - Hutan Pulau Papua yang merupakan hutan tropis terluas di Indonesia menyimpan kekayaan alam hayati yang sangat beragam berupa serangga dari bangsa kupu-kupu atau "Lepidoptera." Hal tersebut diungkapkan entomolog (ahli serangga), Br.Henk Van Mastrigt di Jayapura, menanggapi kekayaan alam hayati yang terkandung dalam belantara hutan Papua yang sebagian besar masih perawan.

"Hutan Papua mempunyai biodiversitas, termasuk spesies kupu-kupu dan capung yang sangat menarik dan unik," ujarnya.

Henk yang juga Biarawan Katolik di Keuskupan Jayapura menyatakan, hampir seluruh hutan di Pulau Papua pernah dijelajahinya, di antaranya daerah Kepala Burung yang meliputi Sorong dan Manokwari, wilayah Pegunungan Tengah di Nabire-Mimika, wilayah selatan Merauke, wilayah pesisir Kepulauan Biak dan Serui hingga wilayah pegunungan.

Diakuinya, dari penjelajahan tersebut dia telah mengoleksi lebih dari 60 ribu spesimen serangga untuk memenuhi kecintaannya pada dunia serangga, sekaligus untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Walaupun kekayaan hayati ini cukup melimpah di hutan Papua, namun belum banyak orang yang tertarik untuk meneliti lebih jauh dan mengambil peran dalam ilmu entomologi.

Padahal, menurut Henk, ada beberapa spesies kupu-kupu di sejumlah wilayah hutan Papua yang terancam punah akibat perusakan hutan yang semakin sering terjadi akhir-akhir ini.

"Kupu-kupu dan capung bisa menjadi indikator untuk menilai kondisi suatu lingkungan apakah masih terjaga atau sudah mengalami kerusakan," jelasnya.

Jika sifat alami hutan sudah rusak dan sumber-sumber air sudah tidak mengalir sebagaimana mestinya, secara otomatis keberadaan serangga menjadi terancam atau harus bermigrasi ke tempat lain.

Spesies yang dilindungi saat ini adalah "Ornithoptera paradisea" dan "Ornithoptera goliath." Kedua spesies ini bisa dijumpai di hutan Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari, Mamberamo dan Pegunungan Cycloops, Jayapura, katanya. (AntaraNews)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!