»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Wisata Bahari/Maritim Supiori

Wisata Bahari pada hakekatnya adalah upaya mengembangkan dan memanfaatkan objek serta daya tarik wisata bahari di kawasan pesisir dan lautan, berupa kekayaan alam yang indah, keragaman flora dan fauna seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias. Beberapa jenis kegiatan wisata bahari pada saat ini sudah dikembangkan baik pemerintah ataupun swasta, di antaranya wisata alam, pemancingan, berenang, selancar, berlayar, rekreasi pantai dan wisata pesiar.

Sumberdaya hayati pesisir dan lautan Indonesia seperti populasi ikan hias yang diperkirakan sekitar 263 jenis, terumbu karang, padang lamun, hutan mangrove dan berbagai bentang alam pesisir atau coastal landscape yang unik lainnya membentuk suatu pemandangan alamiah yang begitu menakjubkan. Kondisi tersebut menjadi daya tarik sangat besar bagi wisatawan sehingga pantas bila dijadikan sebagai objek wisata bahari. Objek wisata bahari lainnya yang berpotensi besar adalah wilayah pantai. Wisata bahari merupakan obyek wisata yang paling dominan di Supiori. Terdapat ragam jenis obyek yang dapat dikembangkan baik sisi fasilitas ataupun atraksinya. Beberapa lokasi yang ada antara lain di Pulau Mapia, Pulau Meosbepondi, Pulau Rani, Pulau Insumbabi, Pantai Fanjur, Pantai Syurdo, Pantai Tebir Aryari, Pantai Sorendiseri dan PantaiYenggarbun.

PANTAI SORENDIWERI
Pemandangan pantai Sorendiweri yang indah dan berhadapan langsung ke arah lautan pasifik dengan deburan ombak, pantai yang panjang dengan ditumbuhi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi rindang. Di kota Sorendiweri terdapat pusat pengembangan produksi kelapa sehingga dapat menjadi atraksi wisata dalam pengelolaannya. Kota Sorendiweri memiliki selat yang memisahkan pulau Biak dengan Pulau Supiori, sehingga Pulau Supiori memiliki jenis tanah yang berbeda dengan pulau Biak. Terdapat hutan mangrove sepanjang pesisir sangat cocok sebagai pusat penelitian (Wisata pendidikan).


PANTAI SYURDO
Pantai Syurdo merupakan salah satu pantai yang tidak jauh dari pusat kota Sorendiweri dan sangat cocok untuk tempat rekreasi bagi keluarga karena aman serta terlindung dari deburan ombak besar. Pantai Syurdo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat melalui darat.


PANTAI TEBING AYARI
Pemandangan deburan ombak menghantam tebing karang Aryari merupakan suatu keunikan utama bagi pantai Aryari. Pantai tebing Aryari dapat ditempuh melalui jalan darat atau melalui jalan utama Kabupaten Supiori, dengan jarak tempuh sejauh 3 Km dari pusat kota Sorendiweri


PANTAI WAFOR
Pantai Wafor berpasir putih kristal ( White cristal sand ) merupakan pantai yang relative panjang dan sangat cocok sebagai pusat kegiatan wisata. Pantai wafor dapat ditempuh melalui jalan darat atau jalan utama kabupaten Supiori, dengan jarak 9 Km dari pusat kota Sorendiweri.


PULAU RANI
Pulau Rani (dalam bahasa Biak berarti lalat) merupakan pulau karang yang mambentuk atoll dengan Pulau Insumbab. Dikatakan Pulau Rani karena memang di Palau tersebut banyak terdapat lalat yang saat ini dapat dikatagorikan sebagai hama. Rumah penduduk memiliki solar sel yang berfungsi sebagai penerangan pada malam hari. Di Pulau Rani terdapat cottage yang berfungsi sebagai tempat singgah/penginapan bagi wisatawan sebelum melakukan akifitas kegiatan wisatanya. Pemandangan pulau Rani dengan keindahan pantai pasir putih.

Terdapat spot – spot diving yang sangat cocok untuk aktivitas wisata bahari terutama dekat marcusuar dan di tanjung Pulau Rani. Di perairan pula Rani banyak ditemukan berbagai macam ikan seperti Napoleon, Bumhead, Surgeon, Ikan Bubara, Ikan kerapuh dan sebagainya. Terumbu karang umumnya didominasi oleh koral sea fan, soft coral, hard coral, akar bahar, acropora dan non acropora dan yang menarik terutama di daerah dekat marcusuar terdapat dinding karang/tebing karang (drop of). Didaerah tersebut terdapat karang yang terus tumbuh membentuk trap-trap hingga hamper ke permukan air laut.

Fasilitas pendukung berupa sarana penginapan (cottage) terdapat di PulauRani, yang selama ini belum terurus dengan baik



PULAU INSUMBABI

Pulau Insumbabi bersebelahan dengan Pulau Rani dan dihubungkan dengan atoll. Di perairan pulau Insumbabi terdapat hamparan coral Feliose yang sangat dominan disamping trumbu karang lunak dan trumbu karang keras. Lokasi ini berada di lagun pulau insumbabi. Perjalanan dari Korido menuju insumbabi ditempuh lebih kurang 1,5 jam dengan menggunakan motor laut 40 PK.


PANTAI YENGGARBUN
Pantai Yenggarbun memiliki pasir putih pantai yang panjang, dengan Pemandangan pulau Ayami. Pantai Yenggarbun sangat cocokuntuk wisata snorkeling karena hamparan atoll yang panjang, dan terdapat pulau yang unit yang ditumbuhi oleh tiga buah pohon kelapa. Pemandangan pantai Yenggarbun dengan latar belakang pulau Ayami.


PULAU MEOSBEPONDI

Pemandangan pulau Meosbepondi dengan pantai pasir putih. Terdapat hamparan terumbu karang yang luas dan berbagai spesis biota laut serta spot – spot diving yang sangat cocok sebagai pusat kegiatan wisata bahari. Pemandangan pulau Meosbepondi dengan keindahan alam yang sangat eksotik. Terdapat kumpulan ikan yang merupakan daya tarik bagi wisatawan dalam kegiatan penyelaman. Perairan pulau Mesobepondi didominasi Acropora, Non Acropora dan soft coral dengan kondisi dasar laut yang datar (flat).


KEPULAUAN MAPIA

Kepulauan Mapia, pulau karang di samudra pasifik merupakan bagian pulau terluar Indonesia. Jarak tempuh yang cukup jauh dari Pusat pemerintahan Kabupaten dan hanya dilayani oleh KM. Papua Lima secara kontinyu. Keunikan Kepulauan Mapia tedapat pada chanelnya dimana pada saat pasang naik dan surut terdapat ribuan berbagai macam ikan baik berukuran kecil ataupun besar (Hiu) masuk menuju laguna. Di laut Mapia terdapat banyak karang kipas (sea fan) yang membentu hamparan karang (city sea fan). Pada chanel menuju laguna terdapat karang hidup yang terus membesar hingga hampir menuju permukaan laut. Panorama alam pulau Mapia dengan hamparan pasir putih dan burung-burung laut memiliki keunikan tersendiri. Pada ujung (tanjung) pulau mapia berbentuk seperti haluan kapal dimana terdapat trumbu karang dari jenis soft coral.

Aktifitas Wisatawan di Pulau Mapia




Objek Wisata Bawah Laut Mapia



Bagaimana, anda tertarik?
Untuk melihat lebih banyak lagi Potensi Objek Wisata Kabupaten Supiori, silahkan klik di Wisata Supiori

3 komentar:

  1. INDONESIA geto lho

    wah secara dolo pernah 4 taon Indonesia timur
    Emang betul tuh, apa lage raja ampat deket Sorong
    wuuuiiidiiiih....keren pisan daah

    "2403SKYWALKER"

    BalasHapus
  2. Wah indah bener ya... benar2 karunia Tuhan yang sempurna buat Indonesia... sangat disayangkan apabila pulau ini tidak dirawat... klo bisa pemerintah bisa lebih mempromosikan pulau nan indah ini ... jgn sampai ada maling2 yg berusaha merebut pulau ini dari Indonesia...
    Thanks ya

    capt_alfons

    BalasHapus
  3. sdh dari sana nyelam
    mmng mnatap....
    mdh2an d jaga trus
    sbagai aset......

    BalasHapus

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!