»»

...

Empat Puskesmas Biak Difungsikan Untuk Rawat Inap

Biak- Empat dari 16 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang beroperasi di Kabupaten Biak Numfor, Papua, hingga tahun 2009 sudah dapat difungsikan menjalani pelayanan kesehatan rawat inap pasien di daerah itu.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Biak Drs Sefnath Korwa MS di Biak, Jumat, mengatakan, empat puskesmas yang dijadikan pelayanan pasien rawat inap tersebar di Distrik Warsa, Distrik Biak Barat), Distrik Biak Timur, serta Distrik Numfor Timur.

"Dengan status rawat inap maka empat Puskesmas ini dapat melayani pengobatan pasien selama 24 jam serta disiapkan tenaga dokter," ungkap Kadinkes Sefnath Korwa.
Ia mengatakan, dalam upaya mendukung kelancaran operasional puskesmas yang dijadikan rawat inap pasien pihaknya juga telah menyiapkan mobil dinas serta tenaga bidan, perawat, petugas gizi, analis serta tenaga pendukung medis lainnya.
Status rawap inap pasien yang dilakukan empat Puskesmas, menurut Kadinkes Sefnath, diharapkan menjadi pos terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sejumlah kampung dan distrik tempat operasional Puskesmas bersangkutan.

Kadinkes Korwa mengakui, untuk memberikan pengobatan di masyarakat kampung keberadaan Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu sangat berperan karena langsung menyentuh kebutuhan masyarakat di kampung dan distrik.
Hanya saja yang menjadi kendala mengoptimalkan Puskesmas saat ini, menurut Kadinkes Korwa, karena masih terbatasnya tenaga dokter yang mau bertugas di Puskesmas.

Dari 16 Puskesmas yang beroperasi di Biak, lanjut Korwa, hingga tahun 2009 hanya ditangani lima tenaga dokter.
"Dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Biak Numfor yang letaknya di kepulauan dan daratan yang jauh idealnya 16 Puskesmas harus ditempatkan satu tenaga dokter sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga setempat dengan baik," ujarnya.

Menyinggung formasi tenaga dokter yang diterima tahun 2009, menurut Korwa, sesuai formasi lowongan seleksi CPNS Pemkab Biak Numfor hanya tersedia dua orang.
"Saya berharap pada tahun mendatang formasi tenaga dokter dapat ditambah sehingga memenuhi target tenaga dokter di 16 Puskesmas," harap Kadinkes Korwa. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!