»»

...

Papua Jadi Target Proyek CASINDO

Jayapura - Papua menjadi salah satu provinsi yang ditargetkan untuk pelaksanaan proyek Capacity development and strengthening for energy policy formulation and implementation of sustainable energy projects in Indonesia (CASINDO).

Hal tersebut diungkapkan Koordinator CASINDO dari Energy Research Centre of The Netherlands (ECN), Nico H.van der Linden,M.Sc saat memberikan pemaparan mengenai proyek tersebut di Jayapura, Selasa (10/11).
Dia mengatakan, CASINDO merupakan salah satu komponen dari program energi terbarukan yang akan diimplementasikan di Indonesia oleh Kedutaan Besar Belanda selama periode 2009 hingga 2011 dimana SenterNovem menjadi lembaga yang diberi wewenang untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
"CASINDO membantu pengembangan institusi baik pada level nasional dan daerah serta menguatkan kapasitas sumberdaya manusia guna menyusun kebijakan energi terbarukan dan efisiensi energi," jelas Linden.

Dengan demikian, implementasi proyek-proyek energi berkelanjutan dapat terus dilakukan hingga ke tingkat daerah, lanjutnya.
Selanjutnya dia mengatakan, untuk wilayah Papua, Fakultas Teknik Uncen dipilih untuk menjadi koordinator tim teknis yang bertanggung jawab melaksanakan setiap aktivitas dari proyek tersebut untuk seluruh kabupaten/kota.

Dalam hal ini, Uncen sebagai lembaga akademik bertanggung jawab untuk melaksanakan penelitian dan program pendidikan seperti pelatihan dan seminar yang berkaitan dengan pengembangan energi terbarukan di Papua.
Kegiatan penelitian yang dilakukan meliputi kajian potensi energi terbarukan yang ada di Papua dan teknologi yang bisa diterapkan untuk mengembangkan potensi tersebut.
Selanjutnya adalah melakukan analisis mengenai pertimbangan penggunaan energi terbarukan tersebut bagi kehidupan masyarakat di Papua dalam kaitannya dengan penyusunan kebijakan energi di daerah.

Selain itu, tim kerja Uncen juga akan membangun jaringan untuk menyosialisasikan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai energi terbarukan ke daerah-daerah dan industri-industri lokal.
Oleh karena itu, diharapkannya, CASINDO akan membawa manfaat bagi sejumlah pihak yakni para mahasiswa, siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Dinas Pertambangan dan Energi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), para penggerak industri dan lembaga energi nasional.

CASINDO yang akan berjalan mulai 2009 hingga 2011 ini merupakan kelanjutan dari proyek Contributing to poverty allevation through regional energy planning in Indonesia (CAREPI) yang telah berakhir pada 2008.
Selain Papua, CASINDO juga dilaksanakan di Sumatera Utara, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat.
Mitra kerja CASINDO lainnya, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Pusat Pengembangan Pendidikan Teknik, Pusat Penelitian Energi Regional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Mataram (Unram) dan Universitas Diponegoro (Undip).
Sedangkan dari pihak Belanda adalah Energy Research Centre of The Netherlands (ECN), Technical University Eindhoven dan Educational Training Consultants (ETC). [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!