»»

...

Pemahaman Budaya Papua Optimalkan Penerapan Iptek

Jayapura - Pemahaman budaya mengenai Papua dan masyarakat etniknya diperlukan bagi para akademisi, baik dosen dan mahasiswa untuk lebih mengoptimalkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah-tengah masyarakat.

Pemahaman tersebut diberikan melalui kuliah Etnografi Papua yang diberikan kepada mahasiswa di Fakultas Teknik, kata Dekan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Cenderawasih (Uncen), Drs.Agustinus Fatem di Jayapura, Jumat.

Kuliah Etnografi Papua bertujuan untuk membentuk pemahaman mengenai budaya dan kehidupan masyarakat lokal, katanya.

"Pemahaman tentang hal tersebut penting, terutama ketika menerapkan bidang ilmu yang selama ini dipelajari di bangku kuliah agar sesuai dengan kondisi sosial dan budaya di tengah-tengah masyarakat Papua," tandasnya.

Etnografi Papua merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari mahasiswa dan diterapkan hampir di seluruh perguruan tinggi dan jurusan pendidikan tinggi di Papua, termasuk jurusan-jurusan eksakta, termasuk bidang keteknikan.

Pada umumnya, mata kuliah tersebut berjumlah dua SKS dan diberikan pada saat mahasiswa berada di semester ke dua.

Menurut Fatem, visi Fakultas Teknik Uncen untuk menjadi pusat pembelajaran, pengembangan dan penerapan iptek dalam bidang ilmu rekayasa bagi kesejahteraan manusia, memerlukan pemahaman terhadap kondisi budaya Papua dan masyarakatnya.

"Dengan demikian diharapkan lulusan Uncen, khususnya Fakultas Teknik dapat membawa diri ketika nantinya bekerja dan berkarya dalam bidang keahliannya sehingga benar-benar mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua," ujarnya.

Untuk mengoptimalkan jalannya perkuliahan Etnografi Papua, dosen pengasuh berasal dari pakar budaya Papua. Sedangkan materi yang diberikan adalah yang berkaitan dengan masalah antropologi budaya masyarakat Papua.

Universitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi negeri pertama di Papua yang berdiri 10 November 1962.

Di kampus ini terdapat delapan fakultas yaitu, Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan, Ekonomi, Hukum, Keguruan dan Pendidikan, Matematika dan IPA, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Umum dan Fakultas Teknik.

Adapun Fakultas Teknik terdiri atas empat jurusan, yaitu Teknik Sipil, Mesin, Elektro dan Teknik Pertambangan baik yang berjenjang Dilpoma III maupuan Strata satu. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!