»»

...

Seni Budaya Mampu Jadi Daya Tarik Pariwisata

Jayapura - Praktisi pariwisata asal Belanda Arne menilai bahwa seni dan budaya tradisional yang berkembang di seluruh kampung (desa) Provinsi Papua jika dikelola dengan baik mampu menjadi daya tarik kunjungan wisatawan.

"Keberadaan seni dan budaya tradisional yang dimiliki setiap kampung, jika digarap dengan baik, dapat menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke desa wisata," katanya di Jayapura, Minggu.

Menurut dia, upaya mengembangkan desa wisata tanpa sajian atraksi seni dan budaya tradisional akan membuat wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut merasa kurang lengkap, padahal mereka sudah membayar mahal untuk menginap di desa itu.

Untuk itu, perlu upaya mengembangkan serta menghidupkan kesenian tradisional sebagai aset wisata sehingga diharapkan sektor pariwisata di daerah mampu berkembang dengan baik karena meningkatnya jumlah kunjungan wisata.

Selain itu, dengan menampilkan atraksi seni budaya setempat, berarti membantu kelangsungan hidup kegiatan berkesenian, bahkan pelaku seni dapat memperoleh tambahan penghasilan bagi keluarganya, karena setiap penampilan mereka akan dibayar.

Ia mengatakan perlu keseriusan untuk mengembangkan dan melestarikan kegiatan seni dan budaya setempat agar mampu menjadi atraksi wisata yang memiliki hubungan erat dengan pariwisata.

"Jika kesenian berkembang, jelas akan menjadi aset desa yang bersangkutan, dan diharapkan sajian atraksi seni budaya lokal itu mampu menjadikan desa wisata lebih hidup dan diminati wisatawan," kata Arne yang saat ini sedang mengembangkan wisata bahari di Pulau Ahe, Kabupaten Nabire, Papua.

Mengenai kunjungan wisatawan nusantara (wisnus), ia mengatakan potensi wisnus yang besar layak menjadi perhatian para pemangku kepentingan pariwisata di setiap daerah di Papua.

"Wisnus jelas bisa menghidupi pariwisata di daerah, karena itu perlu perhatian khusus untuk menarik minat mereka berkunjung ke daerah, salah satunya dengan menghidupkan atraksi seni budaya lokal," katanya. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!