»»

...

Kelly Kwalik Akan Dimakamkan Di Bandara Timika

Timika - Panglima Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM), Kelly Kwallik akan dimakamkan di areal Bandar Udara (Bandara) Mozes Kilangin Timika, demikian hasil pertemuan keluarga dengan pihak kepolisian dan DPRD Mimika, Jumat (18/12) malam.

Anggota DPRD Mimika, Karel Gwijangge kepada ANTARA di Timika, Sabtu mengatakan saat ini jenazah Kelly Kwalik masih dibaringkan di ruang jenazah Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika menunggu penyerahan oleh pihak Polda Papua ke Presidium Dewan Adat Papua (DAP).

Setelah diterima Presidium DAP, jenazah Kelly Kwalik diserahkan ke Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) dan Yayasan Hak Azasi Manusia Anti Kekerasan (YAHAMAK) dan selanjutnya ke keluarga Papua yakni semua suku-suku di Papua dari Sorong, Papua Barat hingga Merauke yang berdomisili di Timika.

Karel mengakui ada permintaan keluarga ke pihak kepolisian agar Kelly Kwalik dimakamkan dengan upacara kebesaran sebagai pejuang Papua Merdeka dengan menaikan Bendera Bintang Kejora, namun dengan mempertimbangkan agar tetap kondusifnya situasi Kamtibmas di Timika maka permintaan itu tidak dapat dikabulkan.

"Kami semua sepakat untuk menjaga situasi keamanan di Timika agar tetap kondusif untuk kepentingan bersama seluruh masyarakat," kata Karel.

Karel berharap, siang ini sudah dilakukan penyerahan jenazah Kelly Kwalik dari Polda Papua ke keluarga lantaran pihak kepolisian sudah menepati janjinya untuk memulangkan jenazah tokoh pejuang Papua Merdeka itu dari Jayapura ke Timika dalam waktu tiga hari.

Meski menyepakati tempat pemakaman Kelly Kwalik di kawasan Bandara Mozes Kilangin Timika, namun belum dipastikan waktu pemakamannya.

Seluruh prosesi penyerahan jenazah hingga pemakaman Kelly Kwalik akan dipusatkan di halaman Kantor DPRD Mimika demi menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

Hingga saat ini situasi kamtibmas di kota Timika dan sekitarnya masih cukup kondusif.

Massa pendukung Kelly Kwalik sudah tiga malam bergadang di Kantor DPRD Mimika untuk mengungkapkan rasa duka cita mereka.

Aparat kepolisian dibantu TNI terlihat terus bersiaga menjaga sejumlah asset vital pemerintah di Timika seperti Kantor DPRD, Bandara Mozes Kilangin dan fasilitas umum lainnya. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!