»»

...

Situasi Kamtibmas Timika Sempat Tidak Kondusif

Jayapura - Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Papua sempat tidak kondusif menyusul tibanya jenazah Kelly Kwalik-Pemimpin Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) di Gedung DPRD Mimika yang terletak di jantung Kota Timika.

Dari Timika, Sabtu, wartawan ANTARA melaporkan, setelah jenazah Kelly Kwalik disemayamkan di dalam gedung DPRD setempat, pada Pkl.17.30 WIT Direktur eksekutif Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa), Nerius Katagame meminta masyarakat adat Amungme yang ingin menyampaikan aspirasi kiranya dibuatkan secara tertulis untuk selanjutnya diserahkan kepada panitia pemakaman guna dibacakan pada saat upacara pemakaman Kelly Kwalik yang direncanakan Minggu (20/12).

Mendengar pemberitahuan itu, massa tidak menerima saran tersebut sehingga terjadi keributan di antara masyarakat adat yang memadati pekarangan gedung DPRD Mimika.
Massa saling melemparkan batu secara membabibuta sehingga terjadi kekacauan yang hampir tak terkendali lagi di pekarangan DPRD tersebut.

Menghadapi situasi yang semakin tidak kondusif itu, Polri dibantu TNI yang bertugas menjaga Kamtibmas di wilayah itu mulai mengambil tindakan pengamanan demi tegaknya hukum dan Kamtibmas.
Terdengar tembakan peringatan yang dilakukan aparat keamanan untuk melerai massa yang mengamuk di pekarangan DPRD Mimika tersebut.

Tembakan peringatan bertubi-tubi ke udara keluar dari moncong senjata aparat keamanan membuat massa yang terkonsentrasi di pekarangan DPRD Mimika berhamburan menyelamatkan diri.

Tampak, warga berhamburan keluar dari pekarangan gedung DPRD Mimika dan ada pula yang berlari mencari perlindungan di dalam gedung DPRD tersebut tempat dibaringkan jenazah Kelly Kwalik.
Semua jalur jalan raya di sekitar lokasi gedung DPRD Mimika dan berbagai jalur jalan raya dalam Kota Timika sudah dijaga ketat aparat keamanan bersenjata lengkap.
Hingga berita ini disiarkan, situasi Kamtibmas Kota Timika sudah terkendali. Aparat keamanan Polri dibantu TNI sudah dapat menguasai situasi setempat.

Peti jenazah Kelly Kwalik, Panglima Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Wilayah Timika, sekitar pukul 15.30 WIT tiba di Kantor DPRD Mimika, yang terletak di jantung Kota Timika.
Peti jenazah Kelly Kwalik dibawa ke Kantor DPRD Mimika dengan menggunakan mobil jenazah milik Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) setelah semalam diinapkan di rumah sakit itu.

Setelah tiba di pintu gerbang DPRD Mimika, jenazah Kelly Kwalik diserahkan oleh Direskrim Polda Papua Kombes Petrus Waine mewakili Polri kepada DPRD Mimika yang diterima oleh Ketua Sementara Trifena Tinal BSc.
Selanjutnya jenazah diserahkan ke keluarga yang langsung mengusungnya menuju tempat persemayaman sementara di pintu masuk Kantor DPRD Mimika.

Peti jenazah Kelly Kwalik dibungkus dengan Bendera Bintang Kejora yang dijaga oleh empat orang anggota Satgas Papua.
Juru Bicara warga, Hans Magal mengimbau warga pendukung Kelly menerima jenazah pemimpin mereka dengan tertib.
Massa menyambut kedatangan jenazah Kelly Kwalik dengan menggelar "waita" atau tarian adat masyarakat pegunungan Papua sambil berteriak-teriak.

Jenazah Kelly Kwalik rencananya akan dimakamkan di dekat Bandara Mozes Kilangin Timika sesuai hasil kesepakatan perwakilan semua warga Papua yang ada di Timika dengan Pihak kepolisian dan DPRD Mimika, Jumat (18/12) malam.
"Hasil kesepakatan semua warga Papua dengan DPRD, jenazah beliau (Kelly Kwalik) akan dikuburkan di areal Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika," kata Hans Magal. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!