»»

...

Penelitian FT Uncen Masuk Jurnal Cartenz

Jayapura - Berbagai hasil penelitian para dosen di lingkungan Fakultas Teknik (ft) Universitas Negeri Cenderawasih (Uncen) didokumentasikan dalam jurnal ilmiah Cartenz.

"Dengan jurnal Cartenz, hasil penelitian dan gagasan-gagasan aktual dari para dosen teknik Uncen, dapat didokumentasikan secara baik dan teratur," kata Penanggung Jawab Jurnal Cartenz, D.Widyastomo,MT di Jayapura, Senin.

Keberadaan Jurnal Ilmiah Cartenz merupakan salah satu wadah bagi para dosen untuk mewujudkan kewajiban mereka yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang secara garis besar terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Tulisan dosen yang dimuat dalam jurnal ilmiah, bukan hanya sebagai hasil penelitian, tetapi juga bisa menjadi bahan ajar dan referensi bagi para mahasiswa," jelas D. Widyastomo yang juga Pembantu Dekan I, Fakultas Teknik Uncen.

Hasil penelitian ini lanjut dia, juga menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat karena merupakan hasil kajian ilmiah terhadap suatu masalah atau kasus tertentu yang menghasilkan penyelesaian berdasarkan data dan analisis sehingga dapat diaplikasikan.

Hasil penelitian para dosen yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Cartenz ini merupakan karya perancangan yang berhubungan dengan Teknik Sipil, Mesin, Elektro dan Teknik Mineral.

Sebelum dimuat dalam jurnal ilmiah tersebut, dosen harus mempertanggung jawabkan hasil penelitiannya dalam forum diskusi ilmiah di lingkungan kampus.

Dengan demikian, hasil penelitiannya memiliki kualitas ilmiah dan bermanfaat bagi masyarakat juga untuk peningkatan sumberdaya manusia Papua yang berkompeten, tandas D.Widyastomo.

Dikatakannya, seorang dosen harus dapat menghasilkan penelitian sebagai bukti kompetensinya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang digelutinya, selain memberikan materi kuliah kepada mahasiswa di dalam kelas.

Dia mengakui, semangat untuk melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah di kalangan dosen di Papua masih harus terus ditingkatkan. Hal ini terlihat dari masih minimnya jumlah tulisan yang masuk ke dewan redaksi Jurnal Ilmiah Cartenz yang terbit sejak September 2006 silam ini. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

1 komentar:

  1. Sehubungan dengan akan diselenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah Nasional Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil (PESAT) 2013 dengan tema Peningkatan Daya Saing Bangsa Melalui Revitalisasi Peradaban pada tanggal 8-9 Oktober 2013 di Bandung, maka kami mengundang Bapak/ibu/sdr/sdri turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada alamat URL http://penelitian.gunadarma.ac.id/pesat

    BalasHapus

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!