»»

...

BPS Biak Siapkan 252 Petugas Sensus Penduduk

Biak - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan 252 petugas lapangan untuk mendukung program Sensus Penduduk (SP) 2010 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia 1-31 Mei.

Kepala BPS Biak Yunus Wakum SE di Biak, Jumat, mengatakan 252 petugas pencacah lapangan itu sebelum melaksanakan mendata penduduk akan dibekali dengan pelatihan teknis menyangkut mekanisme dan tata cara kerja sensus.

"Sensus Penduduk 2010 merupakan kegiatan penting untuk mendata jumlah penduduk yang akan dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan. Hasilnya akan menggambarkan keadaan penduduk Indonesia hingga wilayah administrasi terkecil," kata Yunus Wakum.

Ia mengatakan 252 petugas pencacah lapangan SP 2010 akan disebar pada 19 distrik serta 187 kampung/kelurahan untuk mendata penduduk dari rumah ke rumah yang bertempat tinggal di Kabupaten Biak Numfor.

Menurut dia program sensus penduduk merupakan rangkaian kegiatan pendataan penduduk yang dilakukan dari rumah ke rumah kepada seluruh warga negara Indonesia dan warga negara asing yang tinggal dalam wilayah geografis Indonesia, baik yang bertempat tinggal tetap maupun tidak tetap.

Ia mengatakan sensus penduduk pernah dilaksanakan pada masa sebelum Indonesia merdeka oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 1930, selanjutnya setelah Indonesia merdeka pada 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000.

"Sensus Penduduk 2010 adalah sensus keenam yang mengacu pada UU No 16/1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah No 51/1999 tentang Penyelenggaraan Statistik," katanya.

Ia mengimbau masyarakat di Kabupaten Biak Numfor untuk mendukung serta memberikan jawaban dengan jujur dan benar terhadap pertanyaan yang diajukan petugas sensus.
"Hasil sensus menjadi dasar untuk perencanaan pembangunan," katanya. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!