»»

...

Ekspedisi GDN Pasang Tanda NKRI Di Pulau Befondi

Biak - Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara (GDN), Selasa, bertolak ke Pulau Befondi, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua untuk memasang tiang tanda lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah pulau terdepan Indonesia Timur.

Rombongan tim ekspedisi GDN berangkat ke Pulau Befondi dengan menggunakan transportasi kendaraan darat menuju Kabupaten Supiori.

Data yang diperoleh menyebutkan, Pulau Befondi merupakan nama sebuah pulau kecil di perairan Pasifik, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua.

Di pulau ini terdapat titik dasar dan titik referensi No.TD dan TR 074. Posisi pulau ini sangat terpencil, dengan letak yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik sehingga rawan terhadap abrasi.

Luas Pulau Befondi 2,32 kilometer persegi dan dihuni lebih kurang 500 jiwa. Sebagian penduduk yang tinggal di pulau ini bekerja sebagai pedagang dan nelayan tradisional.

Sektor pendidikan dan kesehatan penduduknya masih rendah, sehingga masih perlu mendapat perhatian khusus pemerintah pusat dan daerah..

Sebelumnya, Wakil Ketua II Bidang Internal tim GDN Prasidi W Sarjana mengakui, pemasangan tanda batas berupa tiang berlambang negara Burung Garuda serta patung proklamator Soekarno-Hatta menjadi salah satu tujuan misi ekspedisi pulau-pulau terdepan di Indonesia.

Ia menyebutkan, dari 92 pulau terluar di Indonesia, sembilan di antaranya berada di Provinsi Papua diharapkan pemasangan tanda batas negara berupa tiang bergambar burung Garuda akan selesai pada 2010.

"Selama kurun waktu dua tahun (2008-2010) misi ekspedisi GDN akan menyelesaikan pemasangan tiang bertuliskan lambang negara dan membawa gambar duet proklamator Soekarno-Hatta di 92 pulau terluar seluruh Indonesia," katanya.

Sembilan pulau terluar Indonesia yang berada di Provinsi Papua diantaranya Fanildo, Brass dan Befondi di Kabupaten Supiori berbatasan dengan Palau, sementara pulau Fani, Budd dan Miossu di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat berbatasan dengan Palau..

Sedangkan pulau terluar lain di Papua, diantaranya Kolopon dan Laag, keduanya di Kabupaten Merauke berbatasan dengan Australia.

Untuk satu pulau terluar lainnya berupa Pulau Liki di Kabupaten Jayapura/Sarmi yang letaknya berbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini. [Antara/FINROLL News]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!