»»

...

Pengelolaan Terumbu Karang dan KKL Disosialisasikan

Biak - Pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan diharapkan dapat dilakukan secara optimal, terarah dan berkesinambungan serta bermartabat. Sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat pesisir di Biak Numfor.

Seperti salah satu upaya yang dilakukan oleh Coremap II, yakni dengan terus melakukan sosialisasi kapada masyarakat pesisir, tokoh agama, adat dan instansi terkait, serta TNI/Polri didaerah ini.

Ketua Divisi CBM Coremap II Biak, Lot L.Yensenem,SE,M.Si mengatakan tujuan dilakukan sosialisasi merupakan upaya memberikan pemahaman agar masyarakat dapat memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan secara bertanggungjawab, proposional dan berkelanjutan.

Menurutnya, sumberdaya kelautan dan perikanan laut serta lingkungannya di daerah ini sangat berpotensi untuk memberikan kesejahteraan masyarakat sebagai suatu kehidupan.

Sehingga untuk pengelolaan dan pemanfaatannya, tidak boleh melebihi potensi lestari dan daya dukung lingkungannya. “Dengan kesadaran dan pemahaman yang baik, maka akan terwujud pembangunan ekonomi masyarakat perikanan berbasis akuabisnis yang berdaya saing,” ungkapnya saat memberikan materi penguatan CBM kepada puluhan peserta workshop Renstra Pengelolaan Terumbu Karang dan Kawasan Konservasi Laut (KKL) yang bertempat di hotel Mapia, Rabu (20/10).

Menurutnya, untuk mewujudkan pembangunan ekonomi masyarakat terutama yang berada dipesisir pantai, perlu menumbuh kembangkan usaha-usaha ekonomi produktif sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat perikanan. Juga terus adanya dukungan semua pihak, untuk dapat mengembangkan usaha perikanan tangkap yang berpihak kepada pemberdayaan nelayan skala kecil.

Hal itu, kata Yensenem, pihak Coremap II terus melakukan upaya melalui divisi CBM dalam menggalang pemanfaatan sumberdaya kelauatan dan perikanan sehingga akan berdampak kepada peningkatan taraf hidup masyarakat.

Kegiatan workshop yang dibuka ketua PMU Coremap II Biak, Eddy Latuputty,SE menghadirkan nara sumber, Ketua Divisi CBM Coremap II Lot L Yensenem, Bappeda Willson J Titahena,S.Pi,MM, Konsultan PMU Coremap II Biak Ir.M.Jamal Alwi,M.Si, Dosen Unhas Prof.Dr.Ir. Chairani,M.Si, dan Direktur Rumsram Ir.Ishak Matarihi. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 20 Oktober hingga 23 Oktober 2010. [Pin/BinPa]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!