»»


Perolehan Suara Sementara Pilkada Kabupaten Supiori 2020: Nomor urut 1 Obeth Rumabar - Daud Marisan : 2.312 (12,9%) ●●● Nomor urut 2 Ruth Naomi Rumkabu - Piet Pariaribo: 3.646 (25,1%) ●●● Nomor urut 3 Jacobus Kawer - Salomo Rumbekwan : 1.189 (8,2%) ●●● Nomor urut 4 Ronny Gustaf Mamoribo - Albert : 2.856 (19,7%) ●●● Nomor urut 5 Yan Imbab - Nichodemus Ronsumbre : 4.507 (31,1%) || Update: 04:31wit / 11 Des 2020

Bupati Mimika Kunjungi Tujuh Jemaat di Biak

Biak - Sebagai putera Papua yang memiliki jiwa kepemimpinan dan sebagai orang tua bagi warganya, Bupati Kabupaten Mimika Klemen Tinal,SE,MM beserta ketua DPRD Mimika, Trivena Tinal beserta rombongan bukan saja melakukan perjalan kunjungan warga masyarakat di daerahnya, namun hingga ke tujuh Jemaat di Kabupaten Biak Numfor.

Terkait kunjungannya ke beberapa jemaat di Biak ini, karena rata-rata warga di Mimika, terdapat banyak warga Biak. Sehingga dalam kesempatan mengikuti Kejuaraan Tinju Daerah (Kejurda) yang diselenggarakan di Biak, Klemen Tinal meluangkan waktu mengunjungi tujuh jemaat didaerah ini.

“ Kapasitas saya datang kesini sebagai ketua Pertina Provinsi Papua yang juga adalah anak adat Papua, dan selaku bupati di Mimika dengan jumlah warga asal Biak yang cukup banyak, saya juga harus berkawajiban mengunjungi kampung-kampungnya,” kata Klemen Tinal kepada Bintang Papua, Kamis (25/11).

Beberpa jemaat yang dikunjungi Klemen Tinal, masing-masing Jemaat GKI Ayaisa di kampung Manwen Opuri Sup, distrik Biak Barat, Jemaat GKI Laharoy Adoki distrik Yendidori dan beberapa jemaat di distrik Biak Kota yaitu Jemaat GPKI Oraet Labora Inggiri, Jemaat HIB Sorido, Jemaat GKI Silo Ambroben, Jemaat GKI Imanuel Mokmer dan Jemaat GKI Elisabeth Dolog. Untuk mempersingkat kunjungan, jemaat Silo, Imanuel dan Elisabeth berkumpul di lokasi Karang Mulia.

Kehadiran Klemen Tinal berserta rombongan yang merupakan wujud silahturahmi kepada warga jemaat tersebut sangat disambut baik. Disetiap jemaat yang dikunjunginya, ia memberikan perhatian bantuan terhadap panitia pembangunan, khususnya untuk mempercepat proses pembangunan gedung gereja. Rata-rata bantuan yang diberikan berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta. Salah satunya di jemaat HIB Sorido mendapatkan bantuan sebesar Rp100 juta. “ Jangan dilihat dari besar dan kecilnya nilai nominal bantuan ini, tetapi bagaiman kepedulian kita terhadap pembangunan rumah Tuhan ini agar cepat selesai ,” ujarnya.

Rata-rata dalam setiap kehadiran Klemen Tinal yang didampingi ketua DPRD Mimika Trivena Tinal dan rombongan disambut dengan acara adat. Seperti di jemaat Laharoy Adoki selain disambut dengan tarian adat, juga ditampilkan atraksi apen beyeren atau atraksi berjalan diatas bara api. Dan hampir disetiap jemaat digelar acara buka barapen oleh Klemen Tinal dan rombangannya ini. “ Ini semua tidak direncanakan, tetapi saya menerima ini sebagai jalan Tuhan sehingga dapat bertemu dengan saudara-saudara saya disini. Bahkan saya terharu karena ada salah satu jemaat yang mencegat saya diperjalanan untuk meminta saya turun, dan itu saya lakukan demi kemuliaan nama Tuhan didaerah ini ,” ungkapnya.

Kegiatan kunjungan yang dilakukan itu, ditegaskan kembali bahwa kehadirannya di Biak selaku kapasitas sebagai ketua Pertina Provinsi Papua karena bertepatan dengan Kejurda yang diikuti 19 Pengcab di Papua dan telah di buka, Kamis (25/11) sore di Biak.

Sedangkan pertemuannya dengan ketua DPRD Mimika di Biak, juga karena menghadiri kegiatan Rakerda I Golkar tingkat Provinsi Papua yang saat ini berlangsung di Biak . Dan dari kunjungannya, selain memberikan dukungan bantuan untuk pembangunan gereja juga ingin mengetahui sejauh mana perkembangan pembangunan Rumah Tuhan didaerah ini.

Sementara itu, ketua Lembaga Masyarakat Adat atau ketua Dewan Adat Biak (DAB) Yan Pieter Yarangga yang juga mendampingi perjalanan Klemen Tinal mengatakan, kehadiran Klemen Tinal dan rombongan merupakan wujud seorang pemimpin Papua sejati. “ Apa yang sudah dilakukan Klemen Tinal untuk daerah ini, telah disaksikan oleh Tuhan dan sebagai anak adat juga telah disaksikan oleh tanah yang diberkati ini ,” kata Yan Pieter Yarangga. [pin/aj/erick/BinPa]

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!