»»

...

KPU Biak Persiapkan PPD dan PPS

Untuk Pelaksanaan Pemilukada Gubernur Papua

Biak - KPU Kabupaten Biak Numfor, saat ini sedang gencar melakukan fit and proper test ke 19 distrik yang berada didaerah ini. Kegiatan seleksi tersebut dikhususkan bagi calon anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna persiapan pelaksanaan Pemilukada Gubernur Papua yang direncanakan Juni 2011.

Ketua KPU Biak Numfor, Decky Iwanggin mengatakan, dari hasil fit and proper test yang dilakukan akan diambil untuk masing-masing anggota PPD sebanyak 5 orang, sedangkan PPS 3 orang. Hal itu juga setelah melewati seleksi administrasi yang diajukan dari masing-masing Kepala Distrik, Kelurahan dan Kampung.

“Hasilnya akan kita bawah ke provinsi pada 15 Januari,” katanya kepada Bintang Papua, Jumat (31/12).

Menurutnya, setelah dilakukan seleksi administratif dan melewati fit and proper test, segera akan dilakukan pelantikan PPD dan PPS sudah dapat melakukan tugas tahapan pertama. “Tugas pertama yang segera dilakukan yakni pemutakhiran data pemilih,” ujarnya.

Lanjut kata Iwanggin, kegiatan tersebut diharapkan akan menghasilkan anggota PPD dan PPS yang benar-benar independen yakni bukan pengurus partai politik atau masuk dalam tim pemenangan pemilu salah satu kandidat. Dan pelaksanaannya telah dimulai sejak Jumat (31/12) yang serentak dilakukan pada 19 distrik didaerah ini.

Kepala distrik Samofa, Mahasunu,S.IP sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan seleksi yang dilakukan KPU setempat. Kata Mahasunu, hal ini menunjukkan bahwa dalam pemilu nanti tidak ada intervensi pemerintah distrik, sehingga pesta demokrasi nantinya diharapkan berjalan jujur dan lancar. “Ini kan membuktikan bahwa pembentukan PPD dan PPS tidak ada intervensi pemerintah distrik,” katanya. [pin/erick/BinPa]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!