»»

...

Status Lanud Biak akan Ditingkatkan Tipe B

Panglima Komando Operasi III TNI AU, Marsekal Muda TNI R. Agus Munandar mengatakan, untuk menjaga keamanan wilayah udara di Papua dan Papua Barat pihaknya merencanakan pengembangan status pangkalan udara (Lanud) Manuhua Biak menjadi tipe B.

“Adanya peningkatan status Lanud Biak menjadi type B maka jabatan komandannya berpangkat Kolonel, sementara perubahan lain berupa penambahan prajurit,” ungkap Panglima Komando Operasi III TNI AU Marsda Agus Munandar menjawab ANTARA di Biak, Selasa, terkait rencana pengembangan status tipe B Lanud Biak.

Ia mengatakan, rencana pengembangan status Lanud Biak menjadi type B sudah diprogramkan pihaknya mengingat wilayah operasinya sangat luas serta menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan di masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan perubahah status Lanud Biak naik ke type B, menurut Marsda Agus Munandar, dirinya belum dapat memastikan namun perubahan ini tinggal menunggu waktu saja dalam waktu dekat.

“Dari berbagai sarana prasarana yang dimiliki pangkalan udara, Manuhua Biak telah lengkap serta melengkapi berbagai persyaratan lainnya. Cepat atau lambat peningkatan status ini bisa terwujud tergantung kebijakan dan kebutuhan di lapangan,” ungkap Agus seusai memimpin sertijab Danlanud Biak.

Selain perubahan status Lanud Biak menjadi type B, menurut Marsda Agus, pihaknya juga tengah merencanakan program mendatang yakni wilayah operasi pangkalan udara Biak akan dilengkapi dengan fasilitas pesawat tempur dengan satuan skuadron.

Kehadiran satuan skadron di wilayah Papua, menurut Panglima Marsda Agus, dalam rangka turut menjaga keamanan wilayah udara NKRI dimana wilayah provinsi Papua berbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini dan Australia.

“Dalam rencana strategis menjaga keamanan NKRI dari Sabang hingga Merauke maka ke depan kehadiran satuan skadron di wilayah Papua menjadi kebutuhan. Semua ini bisa direalisasikan atau tidak tergantung dengan ketersediaan anggaran dan kebijakan prioritas program Mabes TNI AU,” ungkapnya.

Jabatan Dalanud Manuhia Biak, Selasa pagi, diserahterimakan dari pejabat lama Letkol (Pnb) Joko Tri Wibowo kepada penggantinya Letkol (Pnb) Joko Hadi Purwanto yang berlangsung dalam upacara militer. [Antara]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!