»»

...

Pertandingan AFC Digelar di Stadion Mandala Jayapura

Jayapura - Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persipura mengatakan AFC sudah mengizinkan tim Persipura menggunakan Stadion Mandala Jayapura, Papua, untuk melakoni sisa laga kandang mereka. Ketua Panpel Persipura, Benhur Tommy Mano, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa, mengatakan Persipura sudah mendapat izin dari pihak AFC melalui surat yang dikirimkan melalui fax.

"AFC telah menyetujui penggunaan Stadion Mandala di Jayapura, Papua, sebagai kandang Persipura untuk sisa laga kandang mereka di babak grup Piala AFC," katanya.
Dengan keputusan ini, ujarnya, Persipura akan menjamu tamunya Chonburi FC dari Thailand pada 13 April dan South China pada 3 Mei 2011 mendatang di Stadion Mandala. "Kedua pertandingan itu akan dilangsungkan pukul 16.30 Wita dan akan mendapat pengawasan ketat dari pihak Panpel, AFC dan Badan Liga Indonesia," ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun sudah mendapat izin tertulis dari pihak AFC, pantauan mengenai perkembangan Stadion Mandala terus dilakukan oleh pihak AFC dengan menurunkan tim khusus dari BLI untuk melihat langsung pekerjaan stadion yang akan digunakan Persipura sebagai lapangan kandang mereka. "Ya, tiap hari Panpel dan BLI harus melapor ke pihak AFC mengenai perkembangan stadion yang saat ini masih terus dilengkapi dan kami diberi waktu hingga 31 Maret 2011 sudah harus selesai," jelasnya.
Dikatakannya, kelengkapan stadion yang harus dipenuhi di antaranya layar besar, transportasi lokal, media center untuk wartawan, infrastruktur jalan dalam stadion, pagar dan lainnya.

Sebelumnya AFC Club Competition Manager, Manickam Subramaniam, meninjau kesiapan stadion Mandala pada pekan lalu.
Ketika itu Manickam yang didampingi oleh CEO PT Liga Indonesia Djoko Driyono mengatakan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya giant screen yang belum 100 persen, kewajiban mengelola transportasi lokal, hingga standar kelengkapan fasilitas di media center untuk wartawan.

Bisa Saja Batal
Hak Jayapura untuk menggelar laga Piala AFC antara Persipura Jayapura melawan Chonburi FC bisa saja batal karena hingga sampai saat ini ada sejumlah sarana wajib yang belum terselesaikan juga. Benhur mengakui, sarana wajib yang sampai saat ini belum dikerjakan salah satunya adalah papan skor digital, padahal itu merupakan salah satu syarat penting.

"Saat ini pekerjaannya belum mencapai 100 persen karena yang terlihat berdiri baru tiangnya saja sedangkan layar besarnya belum. Ya, kami berharap agar pelaksanaan pekerjaan bisa segera diselesaikan oleh pihak kontraktor sebelum tanggal waktu yang diberikan AFC," katanya.
Menurutnya, batas waktu yang dijanjikan pihak kontraktor dalam pelaksanaan pembangunan kelengkapan Stadion Mandala sesuai standar AFC adalah pada 31 Maret.

Sementara untuk pembangunan layar raksasa, dijanjikan selesai pada 6 April. "Sebenarnya bahannya sudah ada, namun belum juga dikerjakan oleh pihak kontraktor dengan alasan kondisi cuaca yang sering hujan. Jika belum tuntas juga Panpel takutkan izin yang sudah diberikan akan dicabut kembali oleh pihak AFC, tentu itu akan sangat mengecewakan masyarakat Papua," ujarnya.
Dia berharap komitmen bersama semua pihak untuk menyelesaikan pembangunan bisa berjalan dengan baik agar pelaksanaan laga kandang bagi Persipura benar-benar terwujud. "Kita tentunya sangat berkeinginan bisa membuat sejarah baru dalam dunia persepakbolaan di Papua. Apalagi ini sudah mendapat persetujuan dari pihak AFC. Sekarang tinggal bagaimana kita bersama-sama menyelesaikan pekerjaan besar ini," katanya. [Krisman Purwoko/Republika.co.id]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!