»»

...

Dana Ditambah, Trans-Papua Rampung dalam Lima Tahun

Timika - Gubernur Papua Barnabas Suebu mengharapkan pembangunan ruas jalan Trans-Papua yang menghubungkan Timika-Enarotali Paniai dan ruas jalan Merauke-Tanah Merah-Waropko bisa selesai dalam waktu lima tahun ke depan.

"Jika alokasi dana ditambah dan dipercepat, kami harapkan kedua ruas jalan itu bisa selesai dalam waktu lima tahun," kata Gubernur Suebu di Timika, Minggu (29/5). Biaya pembangunan dua ruas jalan itu didanai dari APBN dan dana infrastruktur yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus).

Pembangunan ruas jalan Timika-Enarotali sepanjang 369 kilometer akan menelan anggaran sekitar Rp900 miliar. Ruas jalan Merauke-Tanah Merah-Waropko dengan panjang 511 kilometer menelan anggaran sekitar Rp2,2 triliun.

Ruas jalan Timika-Enarotali akan dibangun dengan konstruksi beton tailing dengan campuran semen dan polimer dan diharapkan menjadi ruas jalan Trans-Papua pertama yang bisa membuka akses langsung dari pantai selatan hingga pantai utara Papua.

Dengan terbukanya akses darat dari selatan hingga utara Papua, Suebu berharap pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan pegunungan tengah Papua akan ikut berkembang pesat. Ruas jalan Merauke-Tanah Merah-Waropko akan diteruskan ke Jayapura
melewati sejumlah kabupaten di kawasan timur yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Ruas jalan Merauke hingga Jayapura nantinya merupakan ruas jalan terpanjang di Papua dengan panjang sekitar 1.000 kilometer. [Antara]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!