»»

...

Di Urfu, PLN Tanam 1000 Pohon

Penanaman juga dilakukan disekitar lokasi rencana pembangunan PLTU seluas 11 hektar


Biak - PT PLN (Persero) Cabang Biak, Kamis (19/5), melakukan aksi penanaman 1000 pohon secara serentak di kampung Urfu, distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor.

Dipilihnya kampung Urfu sebagai kegiatan penghijauan atau tempat pelaksanaan program partisipasi pemberdayaan lingkungan (P3L) PLN setempat, karena di kampung inilah nantinya akan dibangun dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 7 Mega Watt atau 2 x 7000 Kilo Watt.
Sehingga, selain penghijauan dilakukan di sekitar wilayah pemukiman penduduk, juga dilakukan penanaman pohon pada lokasi yang akan dibangun PLTU, dengan luas areal sekitar 11 hektar. Sedangkan jarak Kampung Urfu atau lokasi penghijauan, diperkirakan sekitar 8 kilo meter dari pusat pemeritahan Distrik Yendidori. Koordinator kegiatan P3L PT PLN setempat, Simon Ronsumbre mengatakan, penanaman yang dilakukan PLN bersama-sama warga kampung itu, merupakan program rutin tahunan. Dan kedepan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan PLN akan terus berlangsung dibeberapa kampung lainnya, demi menciptakan kemitraan PLN dengan masyarakat kampung.
“Jika kemitraan sudah terbentuk, tentu diharapkan kedepan kesadaran masyarakat untuk membayar listrik tepat waktu dapat terwujud ,” kata Simon Ronsumbre kepada Bintang Papua dilokasi penghijauan kampung Urfu, Kamis (19/5).

Menurutnya, untuk aksi penghijauan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan setempat. Mengingat areal penanaman merupakan lahan yang berada dekat pinggiran pantai. “Kami mendapat masukan mengenai jenis-jenis tanaman yang cocok ditanami pada program penghijauan ini, yaitu jenis trembesi dan saga. Jumlah bibit mencapai 1000 pohon yang disiapkan Dinas Kehutanan,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Menejer SDM dan ADM PT PLN, Amelia Korwa yang juga berada dilokasi penghijauan mengatakan, penghijauan atau aksi penanaman pohon serentak ini merupakan kelanjutan program PLN untuk menanam sejuta pohon dalam rangka memperbaiki lingkungan hidup di wilayah kerja PLN Cabang Biak. Dan ini setiap tahun telah dilakukan PT PLN, yang merupakan kelanjutan dari pencanangan penanaman sejuta pohon yang telah dilakukan di bantaran sungai di Jakarta bersamaan dengan peringatan Hari Listrik Nasional pada tanggal 27 Oktober 2007 lalu.

Aksi penanaman 1000 pohon yang berlangsung di kampung Urfu itu, tampak mendapat perhatian dan antusias warga kampung. Tak terkecuali, mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu rumah tangga dan pria dewasa yang merupakan warga kampung tersebut terlibat langsung dalam kegiatan penanaman yang dimulai sejak pukul 09.00 WIT. [pin/aj/erick-BinPa]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!