»»

...

152 Ha Hutan Bakau Akan Direhabilitasi

Biak - Pemerintah Kabupaten Numfor melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan pada tahun 2011 kembali akan melakukan penanaman atau rehabilitasi wilayah pantai sepanjang Tanjung Barari Distrik Oridek. Kawasan sepanjang Pantai Tanjung Barari seluas 152 Ha itu akan ditanami tidak kurang dari 72.000 bibit bakau.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Biak Numfor Ir. Andareas F Lameki, MM mengatakan pengadaan bibit sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2011 sebesar kurang lebih Rp 143 juta. Sementara untuk realisasi penanaman bibit sebanyak itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kerusakan hutan bakau memang sudah terjadi di sejumlah wilayah, oleh karena itu secara terprogram kami terus hampir setiap tahunnya melakukan penanaman di wilayah yang memang sudah mengalami kerusakan itu,” ujar Kepala Dinas Ketuhanan dan Perkebunan Kabupaten Biak Numfor Ir. Andareas Lameki, MM kepada Cenderawasih Pos.

Dikatakan bahwa peranan hutan bakau dalam menjaga kawasan sepanjang pantai sangat penting, sebab tidak hanya untuk membantu dalam mencegah terjadinya abrasi secara besar-besaran di wilayah pantai, namun dapat juga sebagai tempat berlindung dan mencari makan ikan-ikan di pesisir pantai.

“Jadi kerusakan hutan bakau memang menjadi salah satu persoalan yang perlu disikapi bersama, tidak hanya pemerintah namun masyarakat dari berbagai kalangan juga diharapkan ikut mengambil bagian dalam menjaga dan melestarikan hutan bakau ini,” imbuh Lameki. [ito/nan-Cepos]

Berikan Nilai:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda mengenai posting ini..!!